Tumbuhkan Jiwa Patriot, Babinsa Ajarkan Wawasan Kebangsaan Kepada Murid SMPN 20 Sorong

Sorong – Dalam rangka memberikan pemahaman tentang Pancasila, Babinsa Kampung Jeflio Distrik Mayamuk Koramil 1704-03/Salawati Sertu Muhtadi bersama Serda Adin Mulyadin mengajarkan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Murid Kelas 1 SMPN 20 Kabupaten Sorong, yaitu Materi Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, Kamis (19/07/2018).

Dalam kegiatan mengajar tersebut dihadapan Murid-murid Babinsa Sertu Muhtadi bersama Serda Adin Mulyadin memberikan materi singkat tentang pengertian Pancasila yang artinya lima dasar atau lima asas serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut Babinsa katakan, Pancasila adalah Dasar Negara yang disebut sebagai falsafah negara Indonesia. Sila-sila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia, dan 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila didasarkan pada tanggal 1 Juni 1945 Presiden sukarno menyebut pertama kali istilah Pancasila dalam suatu pidato di depan sidang Badan Persiapan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pancasila di gunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara,’’ Jelasnya.

Ditemui disekolah salah satu Wali Kelas Bapak Robet S.Pd. mengatakan kehadiran Babinsa di sini membuat kami dekat dengan Bapak-bapak Pembina terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran Bapak TNI dari Koramil 1704-03/Salawati.

Mungkin Anda Menyukai