Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Dalam Diri Insan Pemuda

Manokwari –  Babinsa Koramil 1703-09/Anggi  Serda Amir Jaria dan Koptu Sukarso melaksanakan kegiatan mengajar dengan memberikan materi  wawasan kebangsaan, cinta tanah air kepada siswa-siswi SMP Persiapan Taige Distrik Taige Kabupaten Pegunungan Arfak, Kamis (29/11/2018).

Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju. Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu “bhinneka tunggal Ika” sebagai bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Hal itulah yang sejak dini harus ditanamkan kepada generasi muda bangsa agar memiliki semangat Nasionalisme serta semangat dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia. “Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” ujar Serda Amir Jaria.

Kegiatan pembinaan ketahanan wilayah yang dilaksanakan babinsa Koramil 1703-09/Anggi adalah membantu kegiatan mengajar di sekolah karena keterbatasan tenaga pengajar mengingat letak geografis kabupaten pegunungan Arfak yang luas dengan jarak antar kampung yang berjauhan serta , penyebaran penduduk yang tidak merata sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Babinsa untuk mengabdi dengan tulus ikhlas dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam kegiatan belajar mengajar Babinsa  juga memberikan tips belajar dengan cara berdiskusi memecahkan soal bersama dan pembentukan disiplin belajar kepada siswa-siswi. Hal ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diterapkan dalam dikehidupan sehari-hari, dimana para siswa adalah bagian dari masyarakat agar menjadi manusia yang berguna dalam kehidupan bermasyarakat dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

 

Mungkin Anda Menyukai