Usaha Babinsa Dalam Mencegah Bencana Banjir

Sorong – Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur, Pelda Tugimin bersama anak-anak Pramuka Saka Wana Bakti melaksanakan penanaman pohon di Kelurahan Mariat Gunung, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (14/01/17).

Kegiatan penghijauan ini adalah salah satu kepedulian TNI dalam rangka untuk menghijaukan kembali bumi persada yang belakangan ini terdapat banyaknya kasus penebangan pohon namun tidak di imbangi dengan penanaman kembali.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja Kodim 1704/Sorong yang sudah disampaikan ke satuan jajaran koramil untuk melaksanakan penghijauan diwilayah binaannya.

Dalam kegiatan penghijauan ini, Batuud Koramil 1704-01/Sorong Timur Pelda Edi Siswanto yang mendampingi Danramil Mayor Inf Djafar memerintahkan kepada seluruh Babinsa Sorong Timur untuk melaksanakan kegiatan penghijauan ini dengan mengajak seluruh komponen masyarakat, Mahasiswa maupun Pelajar, sebab kegiatan penghijauan ini sangat bermanfaat, diantaranya untuk peremajaan pohon dan dapat mengembalikan fungsi daerah resapan air, sehingga mengurangi debit atau limpahan air saat musim hujan dapat meresap ke dalam tanah dengan mudah, dan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya banjir”, tegasnya.

Kesadaran masyarakat masih sangat kurang terhadap budaya menanam pohon kembali, sebab masih banyak yang kurang memahami mamfaat dan keuntungannya.

Berbagai manfaat dari pohon apabila kita ketahui diantaranya Secara klimatologis penghijauan akan menyerap Karbondioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2) lewat fotosintesis, mengurangi kerusakan lingkungan mulai dari erosi, pencemaran udara, global warming, hingga bencana alam.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *