Apel Gabungan Asn Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke 54 Kabupaten Fakfak

Fakfak – bertempat di lapangan apel Pemda Kab. Fakfak Jln. Yos Sudarso kel. Wagom Distrik Pariwari Kab. Fakfak Prov. Papua Barat telah dilaksanakan Apel gabungan ASN dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 54 Kabupaten Fakfak dengan mengangkat tema ” Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Katorang” bertindak sebagai pembina apel Ir. Abraham Sopaheluwakan (Wakil Bupati Fakfak), sebagai komandan apel Pelda Hastriadi (Kaposkes Dim 1706/Fakfak) sebagai perwira upacara Ipda Ilyas, S.H, M.Kes (Kaurkes Polres Fakfak) dan di ikuti ± 200 Orang peserta apel selanjutnya di laporkan, Hadir dalam kegiatan upacara tersebut antara lain, Ir. Abraham Sopaheluwakan (Wakil Bupati fakfak), Letkol Inf Yatiman, A.Md (Dandim 1706/Fakfak), Drs. Joko Purnomo (asistem I), Kapten (L) Arly Asri (Danpos AL), Mahmud La Biru (Kakesbangpol), Kapten CPM Ari Siam Yotefa (Dansubdenpom Fakfak), Ali Baham Temongmere (Kepala Bapeda Kab. Fakfak), Gondo Suprapto, SKM, M.Si (Plt Kadinkes Kab. Fakfak), Dr. Maulana Patiran (Dir RSUD Kab. Fakfak), Ahmad Bagir  (Kasipudsus kejaksaan Kab. Fakfak), Seluruh kepala OPD Kab. Fakfak, Senin (12/11/2018).

Amanat menteri kesehatan RI yang di bacakan oleh Ir. Abraham Sopaheluwakan (Wakil Bupati Fakfak) Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang saat ini kita laksanakan mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat. peringatan HKN Ke 54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memperioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif, mengubah pola hidup kearah promotif-preventif dengan menekankan pada prilaku hidup sehat yang di mulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Meningkatkan kesadaran masyarakat berprilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah di prakarsasi oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tertuang dalam inpres No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dalam kesempatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 yang bertepatan dengan 4 (empat) tahun Pemerintahan Jokowi-JK, kita patut bersyukur bahwa berbagai program kesehatan yang dilaksnakan telah berjalan dengan baik, hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan.

dalam kaitan peran pemerintah untuk mendekatkan akses Pelayanan Kesehatan melalui perlindungan finansial telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan iuran (PIB) yakni 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 1996 9 tahun 2015 menjadi 21763 pada tahun 2017 untuk fasilitas tingkat lanjutan juga mengalami peningkatan dari 1847 faskes pada tahun 2015 menjadi 2292 pada tahun 2018.

Mungkin Anda Menyukai