Babinsa Bersama Masyarakat Bangun Pos Kamling Guna Persempit Ruang Gerak Pelaku Kriminal

Sorong – Serda murdiono Babinsa Koramil 1704-14/Beraur jajaran Kodim 1704/Sorong mengajak Masyarakat Distrik Klamono guna mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dengan bersama-sama membangun sebuah Pos Kamling bertempat di kampung Marik May Distrik malabotom Kabupaten Sorong Papua Barat, Senin (10/04/17).

Danramil Beraur Kapten Inf Irwan Suwarna menjelaskan Pembangunan Pos kamling yang telah mencapai 90 % ini bertujuan guna mengantisipasi tindak pidana kriminal yang sering terjadi serta sarana pengamanan terpadu diwilayah RT maupun RW.

Masyarakat diminta untuk berperan aktif guna mengantisipasi tindak pidana kriminal dan mencegah munculnya paham radikalisme dan terorisme di wilayahnya masing-masing, dengan kembali mengaktifkan Ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

“Kalau Siskamling diaktifkan kembali, itu sama halnya mempersempit ruang gerak pelaku kriminal, termasuk mempersempit ruang gerak pencuri yang hendak melakukan pencurian, selain itu pula dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan di kampung Marik May Distrik malabotom”, tegas Danramil.

Oleh karenanya dalam hal ini para babinsa mengajak agar Siskamling itu hendaknya diaktifkan kembali. Ditegaskannya, untuk mempersempit ruang gerak pelaku kriminal di masyarakat, maka diperlukan adanya peran aktif dari seluruh lapisan Masyarakat.

“Jadi tidak hanya tanggung jawab Aparat keamanan saja, tetapi peran serta masyarakat dalam mempersempit ruang gerak pelaku kriminal, itu juga menjadi kewajiban dan tanggung jawab Masyarakat,” terangnya.

Mungkin Anda Menyukai