Babinsa Hadir Sebagai Pendongkrak Semangat Petani

Manokwari – Beberapa tahun yang lalu pemerintah telah menggulirkan swasembada pangan.  Dalam program baru ini tentunya sangat diharapkan peran Babinsa sebagai ujung tombak program di daerah. Hal ini yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1703-05/Bintuni an. Kopda Alfandi yang telah membantu petani sayur tomat dan kacang panjang di kampung sibena Dist. Tohiba Kab. Teluk Bintuni Prov. Papua Barat, Jumat (04/08/2017).

Bagi Petani yang tidak terjangkau oleh para penyuluh pertanian, Babinsa lah yang harus terjun langsung untuk menyampaikan gagasan dan saran kepada para petani yang kurang produksinya. Inilah peran ganda Babinsa, selain sebagai pembina masyarakat Desa juga sebagai penyuluh dan terjun langsung membantu, mengawal dan mengarahkan petani untuk dapat berhasil dalam bertaninya.

Jauhnya petani dengan para penyuluh pertanian mengakibatkan para petani kesulitan untuk mengatasi kesulitan yang selama ini menimpa kebun sayurnya seperti serangan Hama yang menjadi momok meanakutkan sehingga hasil panen sangat kurang maksimal bahkan tanaman banyak yang mati dan gagal panen. Alasan tersebut menjadi salah satu pemicu menurunnya semangat petani untuk bercocok tanam.

Hal demikian menjadi perhatian khusus pihak Koramil 1703-05/Bintuni, melalui babinsa setempat secara langsung melakukan pendekatan guna memberikan pengetahuan tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar serta cara penanganan Hama tanaman agar hasil panen petani dapat meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sayur mayur.

Bukan hanya teori yang diberikan oleh Babinsa kepada petani melainkan praktek langsung dilapangan, dengan semangat petanipun mengikuti semua arahan yang diberikan oleh Babinsa tersebut.

Bapak Zainal Abidin Selaku pemilik lahan menuturkan Rasa bangga dan terimakasih kepada Bapak Babinsa dan Koramil 1703-05/Bintuni atas perhatiannya kepada kami, semoga Tuhan selalu memberkati.

Posting Terkait