Babinsa Harus Peka Terhadap Kesulitan Warga Di Wilayah Binaan

Manokwari – Bintara pembina Desa atau Babinsa sebagai garda terdepan satuan komando kewilayahan yang Setiap saat Babinsa harus tanggap dan peka dengan situasi dan permasalahan di lingkungannya serta mengerti kondisi ekonomi, sosial dan budaya warga di kampung binaannya. Hal tersebut bisa terwujud apabila seorang Babinsa memiliki hubungan dan komunikasi sosial yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat di kampung dimana dia bertugas, Rabu  (02/01/2019).

Kedekatan yang sudah terjalin dengan tekad ingin membantu  sesama, Danpos Ramil  dan Babinsal Koramil 1801-01/Manokwari Kodim 1801/Manokwari Pelda Sukar dan Serda La Roni bersama warga masyarakat di kampung Warami  secara gotong royong melaksanakan kegiatan Pembinaan ketahanan wilayah dengan membuka lahan tidur  milik Bapak Bosman Tambesaroy salah satu warga Kampung Warami distrik Tanah Rubuh Kabupaten Manokwari.

Kegiatan pembinaan ketahanan wilayah salah satunya adalah bagaimana warga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri dengan usaha bertani dengan menanam padi ,jagung,umbi umbian dan bahan makanan lokal yang bisa dikonsumsi sebagai bahan makanan utama untuk sehari hari.

Danramil 1801-01/Manokwari mengatakan, kegiantan BINTAHWIL  tersebut adalah usaha Babinsa untuk terus menjalin kebersamaan dan kerja sama dengan warga yang ada di wilayah binaannya,  dan apa yang dilakukannya adalah untuk menggali potensi wilayah dengan lahan yang ada cukup luas dan belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pertanian maupun perkebunan , sehingga muncul ide Babinsa bagaimana bisa memanfaatkan lahan tersebut sebagai sumber bahan makanan dan juga sebagai penghasilan bagi warga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan meringankan beban hidup masyarakat.

“Karena membantu meringankan beban masyarakat adalah tanggung jawab seorang Babinsa dan bentuk usaha bersama agar terjalin usaha saling membantu serta bergotong-royong, untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan antara Babinsa dan warga binaannya,” ungkap Mayor inf Robert Aronggear

 

Mungkin Anda Menyukai