Babinsa Koramil 1803-01/Kota Turut Adil Dalam Penyelesaian Sengketa Tanah Kampung Sakartemin

Fakfak – Babinsa Koramil 1803-01/Kota Serda Awaludin wagab menghadiri undangan perihal kelanjutan Sidang Adat terkait sengketa tanah dan juga pembongkaran Rumah Saudara Obet Ndrodrod oleh Bapak Abubakar Temongmere dan Bapak Seprianus Temongmere, bertempat di Kampung Sakartemin, Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, Sabtu (23/02/2019).

Sengketa tanah tersebut mengakibatkan Terjadi pemalangan Material lokal Batu kali Sakartemin terhadap PT. Sari Wagom Indah oleh 14 marga dan saat ini telah dilaksanakan penyelesaian secara Adat oleh yang mewakili 14 Mau.

Adapun hasil yang diperoleh dari penyelesaian masalah Pemalangan tersebut antara lain melakukan perdamaian antara saudara Obet Ndrodrod, Abubakar Temongmere dan Seprianus Temongmere  serta dilanjutkan dengan membuka palang Jln Akses ke Penggalian Batu kali milik PT. Sari Wagom Indah sehingga dapat kembali bekerja seperti biasanya.

Dalam menyelesaikan sengketa tanah tersebut turut hadiri Kurang lebih 156 orang yang di antaranya Kepala Kampung Sakartemin (Lukas Hegemur), Kepala Kampung Pasir Putih (Moh. Puluhan Temongmere), Kepala Kampung Pirma (Ridwan Kaihena), Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Babinkamtibmas Kampung Sakartemin (Bripka Muh.khamid) dan Pemilik PT. Sari Wagom Indah.

 

Mungkin Anda Menyukai