Babinsa Membuat Minyak Kelapa Tradisional

Manokwari – Perkiraan Keadaan Medan/Perkiraan Keadaan Taktis ( PKT/PKM ) adalah ilmu dasar seorang TNI-AD guna mencapai hasil yang memuaskan dengan resiko yang relatif kecil. Ilmu tersebut di aplikasikan Babinsa Koramil 1703-02/Saukorem Pelda Suharno selaku Danpos Ramil Saukorem dan Kopda Ibrahim selaku Babinsa Kampung Walpaperi dalam membantu masyarakat binaannya membuat minyak kelapa secara tradisional yang bertempat dirumah salah satu warga Kampung Walpaperi, Dist. Saukorem, Kab. Tambrauw Prov. Papua, Rabu (17/05/17).

Minyak Goreng adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat dan termasukl dalam sembilan bahan pokok ( Sembako ). keberadaan minyak goreng pabrikan sangat membantu sebagian masyarakat di Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari karena Minyak goreng selain berfungsi sebagai penghantar panas dan penambah gurih makanan juga berfungsi sebagai penambah nilai Kalori bahan.

Tingginya tingkat kebutuhan terhadap minyak goreng pabrikan menjadikan masalah baru yang dihadapi oleh warga kampung walpaperi. Selain stok yang terbatas, mahalnya harga minyak goreng pabrikan juga menjadikan kendala bagi sebagian warga kampung walpaperi.

Hal ini yang membuat Babinsa Koramil 1703-02/Saukorem tergerak untuk mencari solusi yang tepat guna menyiasati keadaan tersebut dengan ikut membantu warga kampung walpaperi dalam pembuatan minyak kelapa secara tradisional guna memenuhi kebutuhan terhadap minyak goreng

Selain memiliki nilai kandungan Gizi yang relatif tinggi Minyak Kelapa juga dapat diolah dengan proses yang mudah karena bahan dasar buah kepala yang banyak terdapat di daerah tersebut, alat yang digunakan sederhana tetapi tetap menjaga nilai Higienis Minyak Kelapa tersebut.

Bapak Alfon Wabia selaku pemilik Rumah pembuat minyak kelapa tersebut menegaskan Rasa antusias dan semangat saya semakin meningkat atas kehadiran Bapak Babinsa yang telah ikut  membantu pembuatan minyak kelapa.

“Terimakasih banyak kepada Bapak Babinsa dan Koramil 1703-02/Saukorem atas kepeduliannya terhadap Warga kampung Walpaperi, semoga Tuhan selalu memberkati,”tuturnya.

Mungkin Anda Menyukai