Babinsa Secara Aktif Turun Ke Kampung Binaan, Guna Mengetahui Kondisi Wilayah

Manokwari – Babinsa atau Bintara pembina Desa adalah prajurit TNI AD yang bertugas untuk membina, membimbing dan ikut serta dalam pembangunan Kampung. Di dalam menjalankan tugasnya seorang Babinsa sudah barang tentu harus  menerapkan metode pembinaan teritorial suatu ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh setiap Babinsa  agar dalam melaksanakan tugas terencana dan tepat sasaran serta dapat secara langsung diterima oleh masyarakat.Untuk membangun konsep diri serta memupuk hubungan dengan orang lain diperlukan metode komunikasi sosial ( komsos ) dengan warga masyarakat, Rabu (03/01/2019).

Demikian juga halnya untuk mempererat tali silaturahim dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat maka Babinsa Koramil 1801-02/Warmare Serma  Lukman secara rutin turun ke kampung binaan dengan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat wilayah binaan .

Di kampung  Geintuy distrik Warmare Kabupaten Manokwari.Dengan melaksanakan Komsos kepada salah seorang warga yang berpengaruh di Kampung Geintuy yaitu ibu Mina Sayori.

Pelaksanaan komunikasi sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah binaan sekaligus untuk mempererat hubungan antara Babinsa dengan warga binaan. Komunikasi sosial merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui komunikasi ini, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi. Salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran dan pengetahuan setiap warga dalam kehidupan bermasyarakat untuk patuh dan tunduk kepada hukum positif maupun norma norma adat istiadat setempat.

Babinsa akan selalu mengadakan koordinasi dengan masyarakat guna bertukar informasi yang berkembang di wilayah binaan dalam deteksi dini dan cegah dini setiap ada pekembangan di wilayah. Dengan komsos yang dilaksanakan secara rutin diharapkan terjadi sinergitas antara Babinsa, warga dan aparat Kampung sehingga tercipta situasi wilayah yang selalu aman, karena ada kedekatan emosional dengan saling mengenal, memahami serta selalu bersama dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi dengan mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Mungkin Anda Menyukai