Cegah Banjir Babinsa Bersama Kelurahan Tingkatkan Pemantauan Wilayah

Sorong – Babinsa Koramil 1802-01/Sorong Timur Serda Agus, melaksanakan pemantauan wilayah bersama dengan Lurah dan staf Kelurahan Malasilen,  pengecekan langsung dilapangan tentang adanya warga yang mendirikan bangunan diatas saluran air sehingga apabila hujan tiba mengakibatkan aliran air tidak lancar dan berakibat banjir, Kamis (31/01/2019).

Maksud dan tujuan dilaksanakan pemantauan dan pengecekan sungai ini, dikarenakan akhir-akhir ini di musim penghujan pasti terjadi genangan air di komplek-komplek perumahan serta di jalan. Setelah dilaksanakan pengecekan, pihak kelurahan bersama Babinsa langsung membuat laporan tertulis ke Pemerintah Kota agar titik sungai mana saja yang bisa dipecahkan bersama agar tidak terjadi lagi banjir di mana-mana.

Disela kegiatan Babinsa bersama pihak kelurahan menghimbau kepada masyarakat Kelurahan Malasilen untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai, tentu hal ini akan memberikan dampak buruk di kemudian hari. Karena sampah yang menumpuk bisa menyebabkan terjadinya banjir saat curah hujan sedang tinggi. Pengelolahan sampah yang tepat bisa membantu mencegah banjir.

“Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa diadakan secara gotong royong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal ini bertujuan agar terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir.

Saat ini semakin banyak warga yang membangun rumah di pinggir sungai, ada baiknya pinggiran sungai jangan di jadikan rumah penduduk karena menyebabkan banjir dan tatanan masyarakat tidak teratur,’’ himbau Babinsa.

Mungkin Anda Menyukai