Dandim 1706 Fakfak Hadiri Peringatan Nuzul Qur’an

Fakfak – Bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur (Masjd Raya) jl. Yos Sudarso Kelurahan Wagom Distrik Pariwari telah dilaksanakan Nuzul Qur’an yang dihadiri ± 300 orang dengan mengusung Tema ”Melalui peringatan Nuzul Qur’an Tahun 1439 H/2018 Masehi, Kita wujutkan Al-qur’an sebagai pedoman dalam mewujutkan masyarakat Qur’ani yang berakhlak dan beretika”.

Hadir dalam peringatan Nuzul Qur’an diantaranya Bupati Fakfak diwakili oleh Sekda Fakfak (Drs. Basrun P. Elake), Dandim 1706/Fakfak (Letkol Inf Yatiman, A.Md), Ketua PHBI Kab. Fakfak (Drs. Suryanto Muchrsmsyah, M.Si), Kapolres Fakfak diwakili oleh Kompol Hasanudin (Kabag Ren polres Fakfak), Kajari Fakfak, Iptu Laruslan, S.H (Kasat Binmas polres fakfak), Ketua MUI Kab. Fakfak (Muhamad Don Daeng Husen), Kepala Bappeda Kab. Fakfak (Ali Baham Temongmere, M.Tp), Pasi opsdim 1706/Fakfak (Kapt Inf Sifuan Patiran), Dan Unit Intel Kodim 1706/Fakfak (Lettu Inf Zainudin), Para OPD Pemda Fakfak, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan seluruh kaum muslimin dan muslimat Kab. Fakfak.

Dalam sambutan ketua PHBI Fakfak yang menyampaikan Ucapan puji syukur kepada Allah SWT yang mana pemerintan daerah dan pengurus hari-hari Besar Islam Kab. Fakfak dapat menyelenggarakan peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Agung Baitul Makmur yg di bapak-bapak, ibu-ibu kaum mudlimin dan muslimah oleh karena itu saya ucapksn terima kasih kehadirannya.

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati yang disampikan oleh Sekda Fakfak yang menyampaikan Turunnya Al-Qur’an pada malam 17 Ramadhan 1439 H  pertama dari surat al Quran ini menerapkan fungsi ilmu pengetahuan dalam kehidupan umat manusia.

Pengamalan ayat pertama adalah berisi 2 hal yang menjadikan kesadaran masyarakat Arab yaitu bentuk perintah untuk membaca hal ini mengisyaratkan tentang segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan intelektual intelektual. Manusia harus dengan membaca, manusia selalu hilang di Bumi yang mendapatkan mandat untuk memakmurkan Bumi, diperintahkan untuk membaca apa yang bisa dibaca baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis kemudian merenung apa yang dipakainya memperhatikan dan mengimplementasikan apa yang telah dia dapatkan dalam kehidupan nyata.

Digunakannya ungkapan Tarbiyah dan ta’lim mengisyaratkan bahwa dalam mengajarkan yang mengedepankan kecerdasan intelektual haruslah disertai dengan semangat untuk meningkatkan kecerdasan emosional mendidik peserta didik dilakukan secara sedikit demi sedikit dengan penuh kasih sayang agar untuk menuju perbaikan secara terus-menerus inilah agenda utama yang harus diperhatikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai utusan Allah SWT pada saat itu dengan membangunkan umatnya yaitu bangsa Arab yang dijuluki sebagai agar mengikuti melalui kegiatan-kegiatan intelektual yang mengubah peradaban saat itu. Hingga sekarang sebagaimana terima Peringatan Nuzulul Quran tahun ini yaitu menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam mewujudkan masyarakat Quran yang berakhlak dan berakhlak.

Hikmah dari Nuzul  Qur’an yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Muhaimin (AFKN) adalah kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam maka malam ini kita peringati Nuzul Qur’an dengan Tema: melalui peringatan Nuzul Qur’an Tahun 1439 H / 2018 Masehi. Kita wujutkan Al-qur’an sebagai pedoman dalam mewujutkan masyarakat Qur’ani yang berakhlak dan beretika. Jadi dari tujuan peringatan Nuzul Wur’an ini untuk meningkatkan akhlak kita, saat ini kaum Muslim banyak kemunduran.

“Kalau pembangunan ya.. maju, tetapi ahklak anak-anak kita rusak itulah kemunduran kita, dan anak-anak kita selalu melakukan perbuat-perbuatan yg  memalukan dan merusak dirinya,” ungkapnya.

Sekarang ini banyak anak-anak menggunakan Narkoba, Miras dan perbuatan yang merusak dirinya karena mereka tidak di bekali dgn ajaran Al-Qur’an padahal al-qur’an pedoman bagi umat islam dan pedoman hidup kita. Oleh karena itu para orang tua harus berperan guna mengarahkan anak-anak kita untuk banyak membaca Al-Qur’an.

Jadi anak-anak kita selalu dibekali dengan membaca Al-Qur’an sebagaimana hubungan anak dengan orang tuanya, karenanya mari kita selalu pempedomani Al-Qur’an agar masyarakat kita yang selalu berjiwa Qur’ani.

Peringatan dilanjutkan dengan membacakan Do’a yang disampaikan oleh Imam Masjid Agung Bautul Makmur (Bpk.Imam Kasmas Afifi, S.Ag), dan dilanjutkan dengan Pembagian hadia lomba kegiatan Ceramah Azan, Pembaca Al-Qur’an tingkat anak2. Hadia diserahkan oleh ketua PHBI dan Sekda Kab Fakfak.

Mungkin Anda Menyukai