Dandim 1713/Kaimana Dampingi Gubernur Papua Barat Dalam Rangka Pencanangan Tanaman Pala Di Kab. Kaimana

Kaimana – Bertempat di Bandara Udara Utarum Kaimana, Jl. Utarum, Kampung Baru Kab. Kaimana, Provinsi Papua Barat, telah tiba Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan beserta rombongan menggunakan Pesawat Susi Air yang disambut tarian adat asli Kaimana, Senin (13/08/2018).

Rombongan Gubernur beserta Forkopinda menuju lokasi Penanaman pencanganan tanaman Pala di Jl. Sisir, Kampung Marsi, Distrik Kaimana Kota, telah dilaksanakan pencanangan tanaman Pala dengan luas 650 H dalam rangka program pengembangan tanaman Pala tahun 2018 dengan tema “Membangun Dengan Hati, Mempersatukan dengan kasih, Menuju Papua Barat Yang Aman Sejahtera Dan Bermartabat”. Kegiatan dipimpin oleh Drs. Dominggus Mandacan (Gubernur Prov. Papua Barat) dan diikuti ± 345 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut Ir. Galih Surti (Dir. Tanaman Semusim dan Rempah RI), Gubernur beserta rombongan tiba di tempat acara di lanjutkan dengan Laporan Kadis Ketahanan Pangan yang dalam arahannya menyampaikan Program Pencanangan Tanam Pala bersumber dari APBN Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikura Prov. Papua Barat yg diberikan ke Dinas Ketahanan Pangan Kab. Kaimana untuk disalurkan ke masyarakat.

Perluasan tanaman pala 150 Ha diantaranya di Kampung Sariah 30 Ha sebanyak 30rb bibit, Kampung Kamaka 50 Ha sebanyak 5 Ribu bibit dan Kelurahan Kaimana kota dan Kelurahan krooy 70 Ha sebanyak 7rb bibit. Serta Penanaman bibit pala 500 Ha berada di 3 distrik, diantaranya Distrik Buruway, Kambrauw dan Arguni Bawah.

APBD tingkat II Kab. Kaimana juga mempunyai sasaran di distrik kaimana dan Yamor. Dan program Rehabilitasi Tanaman Pala dengan luas tanah 500 Ha.

Penyerahan Surat Keputusan Penetapan Kebun Sumber Benih Blok Penghasil Tinggi dan Pohon Induk Terpilih Pala Kaimana oleh Dirjen Hortikultura kepada Kadis Ketahanan Pangan Kab. Kaimana.

Mungkin Anda Menyukai