Dandim 1715 RA menghadiri Festival Gemar Makan Ikan Raja Ampat Tahun 2018

Raja Ampat – Dalam rangka mewujudkan inovasi makanan yang berasal dari bahan baku ikan, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Perikanan mengadakan kegiatan Festival Gemar Memakan Ikan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasak ikan, menciptakan menu berbahan dasar ikan serta menyebarluaskan informasi tentang kandungan protein ikan dalam upaya mendukung peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kegiatan Gemar Makan Ikan Raja Ampat di buka langsung oleh Abdul Faris Umlati, SE (Bupati Raja Ampat), serta dihadiri pula oleh Letkol Inf Josef Paulus Kaiba (Dandim 1715/RA), AKBP Edy Setyanto, S.Ik (Kapolres Raja Ampat), seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat,Masyarakat Raja Ampat Serta Seluruh Pelajar di Kabupaten Raja Ampat. Acara tersebut berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Kel. Sapordanco, Distrik Waisai Kota, Kab. Raja Ampat, Kamis (1/11/2018).

Pada Festival Gemar Memakan Ikan kali ini, diselenggarakan pula Pameran dan Bazar Produk Ikan, Lomba Senam GEMARIKAN, Lomba masak serba ikan, Lomba cerdaa cermat, Lomba Merwarnai dan menggambar, Street Camping  dan Kuis GEMARIKAN serta Hiburan Musik dan Seni.

Dalam sambutannya sebelum membuka Festival Gemar Makan ikan Bupati Raja Ampat menyampaikan :

Marilah kita bersama – sama memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan hidayah Nya kita semua masih diberikan berkah kesehatan dan kekuatan sehingga pada hari yang indah ini dapat hadir pada acara pembukaan festival GEMARIKAN Raja Ampat Tahun 2018.

Atas nama pribadi masyarakat dan pemerintah daerah saya menyampaikan selamat datang kepada Sultan Tidore dan Permaisuri beserta rombongan para utusan dari Kementerian kelautan dan perikanan Republik Indonesia di bumi bahari Raja Ampat salah satu kabupaten di Propinsi Papua Barat yang memiliki potensi pariwisata yang mendunia serta Kekayaan sumber daya Kelautan dan Perikanan serta Keanekaragaman hayati terunik  di Dunia.

Raja Ampat terdiri atas 24 Distrik, 117 Kampung dan 4 Kelurahan, Raja Ampat memiliki 2013 Buah pulau besar dan pulau kecil. Hampir 80% wilayahnya merupakan Perairan /Laut dan 20% Daratan dan 96% Wilayahnya ditetapkan oleh Pemerintah pusat sebagai Zona Cagar Alam dan Konservasi Laut maupun darat sehingga menjadi tantangan yang unik pula dalam membangun.

Selain memilik pesona wisata yang mendunia Raja Ampat juga menjadi satu simpul peradaban leluhur yang dibangun dan ditenun dalam bingkai multikulturalisme memilik latar belakang yang unik dan khas, masyarakatnya menjunjung tinggi peradaban yang toleran, damai, sejuk, aman dan nyaman. karena itu, Raja Ampat tidak saja MENJADi destinasi wisata dunia tetapi juga menjadi obor yang terus menyalakan damai dan sukacita di seluruh Tanah Papua.

Festival GEMARIKAN Raja Ampat tahun 2018 mengusung Tema ”Pengolahan dan Peningkatan Mutu Produk Perikanan dari Sumber Daya yang Berkelanjutan, untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat ”.

Hal ini selaras dengan program kerja pemerintah Kabupaten Raja Ampat dimana perikanan dan kelautan menjadi salah satu sektor unggulan, upaya tersebut diantaranya dengan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan pengolahan produk perikanan yang bernilai ekonomi tinggi.

Dengan segenap potensi dan kemampuan yang kami miliki, kami ingin merealisasikan tema dari festival ini untuk itu dukungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi serta pemerintah pusat melalui Kementerian terkait  sangat kami harapkan, Insya Allah dengan segala bantuan yang diberikan akan kami manfaatkan semaksimal mungkin dalam mewujudkan tujuan kita bersama. (Cyber Kodim 1715/RA)

 

Mungkin Anda Menyukai