Danramil 1804-02/Teluk Etna Kodim 1804/Kaimana Mengajar Bela Negara Di SMAN 1 Kaimana

Kaimana – Bertempat di Gedung Aula Sma N 1 Kaimana Jln. Perindustrian , Kelurahann Kaimana Kota Distrik Kaimana Kabupaten Kaimana, Sabtu (13/07/2019).

Danramil 1804-02/Tlk Etna  Kodim 1804/Kaimana  Kapten Inf Setiyono mewakili Dandim 1804/Kaimana memberikan materi wasbang dan Bela Negara kepada 200 siswa-siswi SMA N 1 Kaimana. Pemberian materi wasbang dan  Bela Negara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA N 1 Kaimana Tahun Ajaran 2019/2020.

Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Setiyono  mengatakan bahwa globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Sedangkan kemajuan tehnologi yang semakin cepat ini diharapkan tidak dapat mempengaruhi/menggeser budaya-budaya Bangsa Indonesia. Untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa harus dapat mempertahankan identitas atau jati diri sebagai warga negara yang baik yaitu semangat bela negara, ramah dan santun.

Bela Negara itu tidak harus menjadi aparat TNI/Polri tetapi juga bisa yang lain seperti kalau sebagai siswa dia harus taat pada aturan sekolah dan rajin belajar, kalau sebagai guru ya dapat mengajar dengan baik”. ungkap Kapten Inf Setiyono

”Sedangkan Bela Negara tersebut tidak hanya kewajiban bagi seorang aparat saja tetapi juga kewajiban seluruh warga Negara Indonesia sesuai dengan Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. jelasnya.

Kapten Inf Setiyono menambahkan, kenapa kita harus Bela Negara karena kita tidak mau negara ini dijajah oleh negara lain. Untuk itu sebagai generasi muda hendaknya belajarlah yang sungguh-sungguh agar Negara Indonesia ini terus maju, berkembang dan mandiri serta kuat.

”Kalau negara kita ini kuat dan hebat maka tidak ada satupun negara lain yang akan mengganggu kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini” tegasnya.

Mungkin Anda Menyukai