Danramil Hadiri Pengukuhan Raja Rumbati Hambrat Pitupuah Bauw

Fakfak – Danramil 1803-02/Kokas berserta Babinsa hadiri pengukuhan Raja Rumbati XIX Hamrad Pitupuwah Bauw, S.E., Bin Hi.Abu Bakar Saleh Bauw, S.H, M.si., Bertempat di Kampung Rumbati, Distrik Furwagi, Kabupaten Fakfak, Kamis (02/05/2019).

Adapun susunan acara antara lain Prosesi adat masuknya Raja dan Wali Marga ke panggung (singgasana), Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Prosesi adat Pengukuhan/Penobatan Raja Rumbati Hamrad Pitupuwah Bauw, S.E., yang dipandu oleh Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak sdr. Sirzet Gwasgwas. Pemasangan Mahkota Kerajaan Rumbati dan penyerahan tongkat estafet Kerajaan Rumbati sebagai komandor Kerajaan Rumbati oleh sesepuh/Orang Tua Raja.

Kabupaten Fakfak sendiri merupakan salah satu Wilayah yang di dalamnya terdiri dari Sembilan Petuanan atau biasa kita sebut dengan Kerajaan, yang diantaranya Petuanan Ati-Ati, Petuanan Fatagar, Petuanan Piq-Piq, Petuanan Arguni, Petuanan Teluk Patipi, Petuanan Wertuar, dan Petuanan Rumbati.

Tradisi adat ini merupakan proses yang sangat sakral dan merupakan tradisi yang sudah menjadi turun temurun diwariskan kepada generasi berikutnya bukan hanya sekarang tetapi juga untuk generasi masa yang akan datang, diharapkan generasi yang saat ini memegang mandat agar selalu belajar tentang warisan budaya dan tradisi tradisi adat.

Keluarga Raja sangat berterima kasih kepada seluruh tamu undangan karena sudah meluangkan waktu untuk datang menyaksikan prosesi pengukuhan Raja Rumbati Hamrad Pitupuwah Bauw, S.E.,

“Keluarga Raja meminta kepada aparat keamanan agar nantinya dapat saling membantu dan berkoordinasi dalam menjaga keaman Wilayah bersama.

Raja yang baru akan lebih mengutamakan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi,menjaga perbuatan dan tingkah laku serta menjaga wibawa sebagai seorang Raja,”katanya.

“Pemerintah Daerah dan Petuanan Raja yang ada di seluruh Fakfak harus bekerja sama dalam membangun Kota Fakfak karena dari para Petuanan Raja-Raja inilah pesan dari Pemerintah Daerah akan disampaikan langsung kepada para warga baik itu program Pemerintah.

Mungkin Anda Menyukai