Danramil Sorong Timur Hadiri Sosialisasi Dari Puskesmas Tentang Measles Rubella (MR)

Sorong – Untuk merangsang terbentuknya imunitas atau kekebalan terhadap Campak, Danramil 1704-01/Sorong Timur Mayor Inf H. Triyana, M.Pd.I S.Pd.I, bersama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Remu Selatan melaksanakan Kampanye Measles Rubella (MR) bertempat di Aula SMP Negeri 9 Kota Sorong, Kamis (02/08/2018).

Bapak Andre selaku petugas Kesehatan dari Puskesmas dalam penjelasannya mengatakan, Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (Pneumonia), radang otak (Ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Lanjut Bapak Andre, Pengenalan vaksin MR ini didahului dengan kegiatan kampanye Measles Rubella (MR) yaitu berupa pemberian imunisasi secara massal dan tidak dipungut biaya. Yang sasarannya diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.

Danramil  704-01/Sorong Timur Mayor Inf H. Triyana, M.Pd.I S.Pd.I, menambahkan semoga dengan tujuan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) sebagai  upaya untuk memutuskan transisi penularan virus campak dan rubella secara cepat tanpa  mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Dengan demikian diharapkan untuk diwilayah Koramil 1704-01/Sorong Timur kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Mungkin Anda Menyukai