Detik-Detik Proklamasi Upacara HUT RI Ke 74 Kabupaten Fakfak Paskibra Bentuk Formasi Satu Tunggku Tiga Batu

Fakfak – Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman, A.Md, menghadiri Upacara Pengibaran Bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, Bertempat di Lapangan Stadion 16 November Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Kabupaten Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si, dan komandan upacara Komandan Sub Denpom XVIII-02 Fakfak Kapten CPM Ary Siam Yotefa, SH (Lulusan Sekolah Calon Perwira PK Tahun 2011), Sabtu (17/08/2019).

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara Kapten Infanteri Sifuan Patiran, Pembcaan Teks Proklamasih Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Siti Rahma Hegemur, ST., serta Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) yang berasal dari siswa-siswi terbaik dari seluruh SMA sederajat di Kabupaten Fakfak telah melalui proses seleksi dan latihan selama 1 bulan.

Hadir dlm Upacara tersebut antara lain Plt. Sekda Kabupaten Fakfak Drs. Ali Baham Temongmere, M.Tp., Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman, A.Md., Kajari Fakfak Firdaus, SH, MH., Ketua DPRD Fakfak Ibu Sitti Rahma Hegemur, ST., Ketua PN Fakfak Thobias Benggian, SH., Kapolres Fakfak AKBP. Deddy Foury Millewa, SH, S.IK. M.IK, Dan Pos TNI AL Fakfak Mayor Laut Iswayudhi, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Fakfak Joko Purnomo, Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak, Carles Kambu, S.Sos. M.Si, Ketua Pengadilan Agama Amar Jumantoro, Kepala Dinas Pendidikan Hermanto Hubrouw, Kalapas Fakfak H Heru Trisulistyono, Kasdim 1803/Fakfak Mayor Inf Wahlin Rahman S.Pd, Kepala Dinas Perhubungan Taufik Heru Uswanas, Para Pimpinan SKPD, OPD, Perwira TNI POLRI, Perwakilan Bank, BUMD, Ibu-Ibu Dharma Wanita, Legiun Veteran, Tomas, Toga, Todat, ASN, Pelajar dan Masyarakat.

Menjadi moment yang sangat menarik saat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) membentuk formasih filosofi hidup masyarakat Kabupaten Fakfak “SATU TUNGKU, TIGA BATU” yang merupakan Agama Keluarga yang merupakan ciri khas masyarakat Kabupaten Fakfak dalam hidup bermasyarakat.

Suasana hikmah terasa saat derap langkah Pasukan Paskibraka yang dipimpin (Danki) Lettu Inf. Zainudin merupakan lulusan perwira tahun 2014 yang saat menjabat sebagai Danramil 1803-05/Bomberay, sedangkan pembawa baki bendera merah putih merupakan salah satu Siswi SMA Negeri Fakfak Nurul Istiqomah Rumadan.

Moment yang sangat bersejarah tersebut menjadi salah satu hari yang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia dimana tak terasa sudah Tujuh puluh empat tahun sudah kita menikmati kemerdekaan ini. Kita bisa hidup bersama dengan tenteram dan damai di dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Menjadi kewajiban kita semua, untuk terus menjaga negara dan bangsa ini, dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menjadi tugas kita bersama untuk tidak pernah berhenti dalam mengisi kemerdekaan ini, dengan ikut serta secara nyata membangun bangsa, sesuai dengan tugas, tanggung jawab, peran dan fungsinya masing-masing, guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

Hal ini, sudah sejalan dengan tema dari peringatan Ulang Tahun RI kali ini, yaitu “Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju”.

Setelah pelaksanaan upacara Detik detik Proklamasi, Bupati dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, TNI, Polri bergegas menuju ke Taman Mahkam Pahlawan (TMP) lembah Onim Fakfak untuk melaksanakan Ziarah guna mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan NKRI.

Setelah kegiatan Ziarah usai, Bupati bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Reklamasi Tsala Namudat Kabupaten Fakfak untuk menyaksikan pelaksanaan bentangan bendera Merah Putih dengan ukuran panjang 74 meter di dasar laut.

Mungkin Anda Menyukai