Hiburan Dan Nyanyian Suatu Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Latihan Pramuka

Sorong – Serda Agus Harianto Babinsa kelurahan Malasilen  Koramil 1704-01/Sorong Timur mengajar PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada Pramuka Penggalang SD Negeri 141 Kota Sorong, Selasa (13/11/18).

Ekstrakurikuler Pramuka saat ini tidak begitu digemari di Kota-kota besar, tetapi di kota kecil dan pedesaan kegiatan Pramuka tetap menjadi pilihan utama. Beruntung di tahun pelajaran 2013/2014 ini Pramuka dimasukan ke dalam Kurikulum 2013, walaupun masih uji coba di beberapa sekolah, tetapi Pramuka akhirnya dimasukan ke dalam pembelajaran sehingga setiap siswa wajib menjadi anggota Pramuka.

Untuk itu Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur mencoba untuk membangkitkan lagi semangat anggota pramuka dalam setiap latihan, “saya memberikan materi baris-berbaris dan diselingi dengan hiburan”, Ungkap Serda Agus Haryanto.

Materi baris-berbaris sangat diperlukan, karena bertujuan Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab, selain itu siapa tahu diantara peserta didik ada yang bercita-cita menjadi tentara atau polisi, sehingga mereka tidak akan canggung lagi mengenai baris berbaris, lanjut Babinsa.

Pada kesempatan itu Serda Agus Haryanto melatihan pramuka diisi dengan permainan dan nyanyian sehingga peserta didik akan merasa senang dan tidak terasa membosankan dengan cara itu semua akan senang dan terhibur.

Mungkin Anda Menyukai