Jaga Kebersihan Lingkungan Dan Cegah Banjir, Babinsa Bersama Warga Malaingkedi Bersihkan Drainase

Sorong- Sertu Rasmen Toding Babinsa kelurahan Malaingkedi Koramil 1802-0-1/Sorong Timur bersama warga dan karyawan melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air/drainase untuk mencegah bahaya banjir di lingkungan Rt 01/Rw 02 jln Frans Kaisepo kelurahan Malaingkedi Kota Sorong, Rabu (14/08/2019).

Warga yang didampingi Babinsa sangat berantusias dalam pembersihan ini, karena adanya dorongan dan motivasi dari Babinsa yang memberikan pengarahan akan pentingnya kebersihan lingkungan apalagi tempat selokan, itu merupakan modal utama dari sarang penyakit bersarang serta terjadinya musibah banjir.

Pembersihan drainase dari sampah plastik, rumput liar merupakan tujuan utama apabila musim hujan tiba, langkah ini di lakukan untuk mengantisipasi akan terjadinya genangan air di selokan sehingga dapat memicu musibah banjir serta perkembangbiakan jentik nyamuk DBD atau malaria.

Babinsa kelurahan Malaingkedi Sertu Rasmen Toding menghimbau, masyarakat benar-benar peduli dengan kondisi lingkungannya. “Apabila ada saluran air yang mengalami pendangkalan atau tersumbat dan berpotensi banjir, hendaknya segera dilaksanakan karya bakti guna mengatasinya,”tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, drainase bertujuan untuk menjadikan sebuah infrastruktuk kota/desa yang aman, nyaman, bersih dan sehat. “Saya menghimbau kepada warga untuk selalu memelihara drainase agar tidak tersumbat, apalagi kalau musim penghujan turun. Jika tersumbat, air akan tergenang dan menyebabkan terjadinya banjir,”ujarnya.

“Sebagai babinsa, kita tidak ingin hal ini menimpa warga. Untuk itu, kita laksanakan karya bakti membersihkan drainase. Karya bakti ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini di lingkungan masyarakat, khususnya bencana banjir sehingga ke depannya tidak terjadi banjir bila musim penghujan datang,” imbuh Babinsa.

 

Mungkin Anda Menyukai