Karya Bhakti Dan Penghijauan Dalam Rangka Memperingati Hari Juang Kartika Ke-73 Dan HUT Kodam XVIII/Kasuari Ke- 2 Tahun 2018

Pada Kamis 13 Desember 2018, telah dilaksanakan Karya Bhakti dan Penghijauan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 dan HUT Kodam XVIII/Kasuari ke-2 tahun 2018 dengan sasaran kegiatan karya bhakti meliputi : pembersihan yang bertempat di Taman Makam Pahlawan Trikora Manokwari, pembersihan Pondok Pesantren Hidayatullah di Arfai dan pembersihan Gereja di Warmare serta penghijauan di lapangan bola Warmare Kab. Manokwari.

Tujuan peringatan Hari Juang Kartika tahun 2018 adalah mengenang kembali sejarah lahirnya TNI AD sehingga diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa prajurit dalam meningkatkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Guna menciptakan suasana yang nyaman dalam beribadah, Kodam XVIII/Kasuari mengadakan karya bhakti di sejumlah rumah ibadah seperti gereja di antaranya gereja Syaloom, Gereja Eben Haeser, Gereja GPKAI dan Gereja Thomas yang berada di Distrik Warmare Kab. Manokwari. Karya bakti ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi para Jemaat Gereja dan dapat dirasakan juga oleh tetangga desa yang lain yang datang beribadah di gereja tersebut sehingga dapat menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan. Ponpes Hidayatullah dan Masjidnya yang berada di Arfai pun tak luput menjadi sasaran Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Kodam XVIII/Kasuari dengan harapan dapat menjadikan motivasi bagi masyarakat muslim di sekitarnya agar tetap menjaga dan merawat Pnpes dan masjidnya agar tetap terawat dan nyaman untuk beribadah.

Sementara  itu, TMP Trikora Manokwari dengan personel 40 org pun tak luput dari sasaran Karya Bhakti yang dilaksanakan kali ini. Hal itu merupakan wujud kepedulian TNI khususnya Kodam XVIII/Kasuari terhadap kebersihan lingkungan TMP Trikora sekaligus penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma bhaktikan jiwa dan raganya kepada bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai.

Kegiatan Karya Bhakti dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia merupakan bentuk kepedulian TNI AD guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Sedangkan karya bhakti bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas Prajurit TNI AD khususnya Kodam XVIII/Kasuari dengan aparat pemerintah dan komponen masyarakat lainnya guna mempererat Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang selama ini terbina dengan baik. Sudah menjadi komitmen bahwa TNI AD adalah Tentara dari dan untuk rakyat serta membangun negeri bersama rakyat. Komitmen tersebut sejalan dengan tema Hari Juang Kartika tahun 2018 ”TNI AD MENGABDI DAN MEMBANGUN BERSAMA RAKYAT”.

Selain karya bhakti, juga dilaksanakan kegiatan penghijauan/penanaman pohon di Warmare sebanyak 2.000 (dua ribu) pohon, jenis pohon Marbau 500, pohon Mahoni 500, pohon Sengon 500 dan pohon Pinang 500 pohon. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan penghijauan adalah untuk memberi contoh dan membangkitkan semangat budaya menanam pohon serta memelihara lingkungan alam agar terjaga keseimbangan ekosistem dan terhindar dari pengaruh global warming  serta bencana alam banjir dan tanah longsor.

Kegiatan tersebut melibatkan 664 orang yang terdiri dari Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, TNI AL 25 org, anggota FKPPI 25 org, mahasiswa STTP 42 org dan anak sekolah serta Pramuka 57 org. Pada acara pembukaan dipimpin oleh Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Desi Sambowo mewakil Pangdam XVIII/Kasuari dan dihadiri para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Ksr, Kafasharkan TNI AL Manokwari, Dandim 1703/Mkw, Bupati Manokwari, Kapolres Manokwari, Kepala Distrik Warmare, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

 

 

Mungkin Anda Menyukai