Karya Bhakti Hari Peduli Sampah Nasional

Manokwari – Gubernur Papua Barat Drs. Domingus Mandacan mengambil apel karya bhakti dalam rangka Hari Peduli Sampah  Nasional di halaman kantor Gubernur dan dihadiri para pejabat kantor Gubernur dan peserta dari Kodam XVIII/Ksr 50 orang, Fasharkan TNI AL 15 orang dan Polda Papua Barat 25 orang serta ASN kantor Gubernur 150 orang, Selasa, (26/02/2019).

Dikutip dari amanat yang dibacakan oleh Gubernur bahwa pengelolaan sampah telah ada sejak Tahun 2008. Namun kenyataannya menujukkan bahwa hingga kini pengelolaan sampah masih dirasakan belum optimal yang disebabkan laju pertambahan sampah berbanding lurus dengan laju pertambahan penduduk dan pola konsumtif.

Drs Domingus menekankan bahwa sampah tidak lagi merupakan sesuatu yang tidak bermanfaat, tetapi sampah sudah bisa menjadi sumber daya yang dapat meningkatkan ekonomi masarakat. Contoh dari sisa limbah rumah dapat dibuat kompos yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman bunga dan sayur, selain itu dapat di jadikan kerajinan tanggan. Beliau juga mengajak masyarakat Papua Barat untuk peduli sampah, bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan. Peserta karya bhakti melaksanakan pembersihan di wilayah kota Manokwari dengan antusias dan semangat.

Mungkin Anda Menyukai