Kasdam XVIII/Kasuari Pimpin Upacara 17 Agustus 2018 Di Makodam Berjalan Hikmat

Manokwari; 07.00/17/08/2018 Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di Lapangan Makodam XVIII/Kasuari yang di pimpin langsung oleh Kasdam Brigjen TNI Dedi Sambowo, Komandan Upacara Letkol CAJ Umar Subiyanto, Pembaca UUD 1945 Letda CAJ Artha Wirabuana dan Pembaca Doa Letda CAJ Nur Efendi berjalan dengan hikmat. Upacara tsb dilaksanakan dgn pasukan upacara yang terdiri dari Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama serta PNS  Kodam XVIII/Kasuari.

Upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen-momen istimewa yang membawa kita kembali untuk FLASH BACK pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam. Saat pendiri Bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sesungguhnya kedua tokoh tersebut memberikan pelajaran bagi kita bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan kita harus mengedepankan langkah langkah konkrit, tidak harus menunggu momen–momen yang sempurna.
Proklamasi kemerdekaaan Bangsa Indonesia berlangsung ditengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan  (Vacuum Of Power) dimana proses penyerahan tanpa syarat Penjajah Jepang kepada Sekutu belum secara tuntas diselenggarakan. Kelompok–kelompok pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan dari Penjajah.Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsipil, yaitu Kemerdekaan dengan kekuatan sendiri. Inilah salah satu tongak sejarah yang menunjukkan watak dasar Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Pejuang yang meiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan Bangsanya dengan kekuatan sendiri.

Pada upacara yang dilaksanakan di Makodam Kasdam Brigjen TNI Dedi Sambowo membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dengan tema Kerja Kita, Prestasi Bangsa.
Sesuai dengan tema tersebut dalam amanat Jenderal TNI Mulyono menyampaikan kepada Prajuritnya agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dengan peningkatan kerja dan Profesionalisme.
Selain itu kedepan kita akan menyambut pesta Olah Raga negara-negara Asia yaitu Asian Games ke 18 di Jakarta dan Palembang yang akan di buka tanggal 18 Agustus 2018 untuk itu seluruh Prajurit harus mendukung Program pemerintah ini. Selanjutnya dalam isi amanat Jenderal TNI Mulyono menghadapi pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang, TNI AD dituntut untuk tetap konsisten menjaga netralitasnya sebagai alat Negara di bidang Pertahanan yang sudah diamanatkan oleh Undang Undang untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 yang lalu tercatat tidak ada salah satu prajurit yang melanggar netralitas. Selamat Bertugas, Dirgahayu Republik Indonesia, Mari Kita Jaga Bersama Negeri ini..!

Mungkin Anda Menyukai