Kasdam XVIII/Kasuari Turun Langsung Tinjau Lokasi Cetak Sawah

Sorong – Pelaksanaan swasembada pangan di Kabupaten Sorong terus digiatkan oleh TNI bersama masyarakat petani dan pemerintah daerah, salah satunya dengan cara melakukan perluasan cetak sawah baru guna menghasilkan luas lahan dan hasil panen yang lebih berkualitas dan meningkat secara maksimal, Kamis (27/07/2017)

Untuk itu, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjend TNI Purnawan Widi Andaru, SH., di dampingi Danrem 171/PVT Brigjend TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., selaku Kepala Pelaksana Kegiatan (Kalakgiat), Kazidam XVIII/KSR Kolonel Czi Antonius, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf  Daniel  E.S Lalawi selaku Kepala Pelaksana Lapangan (Kalaklap). Menijau langsung Lokasi Cetak sawah di dua lokasi yaitu di Distrik Moisegen kampung Klasari Kab. Sorong Luas Lahan 75 Hektar dan di Distrik Moisegen Kampung Wonosobo Kab Sorong Luas Lahan 38 hektar.

“Apresiasi kegiatan perluasan lahan juga dilontarkan oleh Kasdam XVIII/Kasuari, dengan membuka lahan tidur menjadi lahan produktif sehingga diharapkan bisa membantu pemasok beras di seluruh Indonesia,” Katanya.

Dalam kesempatan Danrem 171/PVT Brigjend TNI Ignatius Yogo Triyono M.A mengatakan Kemajuan di lokasi cetak sawah ini sudah cukup bagus kurang lebih 20 hektar sudah tercetak, kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Untuk Sarana Produksi Pada Sektor Pertanian (Saprodi) untuk segera di distribusikan Kepada Petani sehingga kami akan segera menanam di lokasi yang Sudah siap.

Dengan kondisi cuaca tidak menentu dalam seminggu terakhir sehingga perluasan cetak sawah ini harus ekstra maksimal dalam berkerja, seperti alat berat excavator dalam bekerja harus menggunakan mating-mating sehingga tidak tertanam, ungkap Kalaklap.

“Rasa terima kasih juga di ucapkan oleh Poktani sejahtera dan Poktani Margo Tani, karena Bapak TNI sudah membantu untuk membuka lahan sawah sehingga kita bisa bertani bercocok tanam sendiri, kalau kita yang buka lahan sendiri akan membutuhkan modal yang cukup banyak kami tidak akan mampu.  Kami akan lebih bersemangat, karena ada Bapak Babinsa Koramil 1704-06/Salawati yang selalu mendampingi dalam mensukseskan swasembada nasional terutama di wilayah Kab Sorong” Tutupnya.

Posting Terkait