Kasus Covid-19 Terus Naik, Jenderal Andika Perkasa Beri Perintah ini ke Pangkostrad Letjen Dudung

Sisa dari awak RS Lapangan, diinventarisir dan daftarnya dikirim ke saya pakai WA saja, nanti dikirm ke RSPAD, biar RSPAD yang milih,” arahan Kasad kepada Pangkostrad, Letjen TNI Dudung Abdurachman.

Kasad juga memberikan arahan kepada Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Mayjen TNI dr. Budiman untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam pemenuhan kekurangan tenaga medis di RSPAD.

“Saya tahu di RSPAD ini over straight atau kelelahan sekali, sehingga dengan bantuan tenaga ini lebih bagus,” ujar Kasad.

Selain itu, Kasad juga mengecek kesiapan kegiatan Penutupan Pendidikan Akademi Militer dan Pelantikan Perwira atau Prasetya Perwira.

Di samping itu, Kasad juga mendapatkan laporan mengenai fasilitas baru di Akademi Militer Magelang yang akan digunakan Taruna Akmil Tingkat I.

Gerak Cepat Mantan Danjen Kopassus Atasi Pandemi Covid-19

Aksi gerak cepat juga dilakukan mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, untuk mengatasi pandemi Covid-19 di wilayahnya.

Perwira yang kini menjabat Pangdam XVIII/Kasuari tersebut melakukan langkah-langkah membantu Pemerintah Papua Barat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Papua Barat.

Melansir dari laman kasuari18-tniad.mil.id, secara khusus Kodam XVIII/Kasuari membentuk Komando Tugas gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanganan Covid-19.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa selaku Panglima Kogasgabpad menyampaikan Perintah Operasi (PO) secara virtual terkait PPKM dan Kogasgabpad XVIII/Kasuari, kepada jajaranya di Ruang Rapat Sopsdam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Selasa (13/7/2021).

Ia mengatakan dasar dalam melaksanakan kegiatan yaitu perintah Panglima TNI dan Kasad, yang intinya TNI membantu pelaksanaan operasi penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Daerah.

“Jadi kita membantu Pemda sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Pasal 7, kita membantu Pemda di mana kita berada.

Para Dandim, Danrem dan juga Staf Kodam yang ada disini semuanya membantu,” ucapnya.

Sebelum pemberian perintah, rapat diawali dengan paparan oleh Asops Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Lucky Avianto dan Kakesdam XVIII/Kasuari, Kolonel Ckm dr. Agus R. Utama terkait situasi Covid-19 di wilayah Papua Barat.

Ia juga menyampaikan bahwa Kogasgabpad XVIII/Kasuari melaksanakan operasi penanganan Covid-19 dan PPKM darurat mulai 3 Juli hingga 20 Juli di wilayah Papua Barat, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19.

“Pelaksanaan PPKM darurat di daerah-daerah diantaranya Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong, PPKM diperketat akan dilaksanakan di Kabupaten Fakfak, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni serta PPKM Mikro akan dilaksanakan di Kabupaten Mansel, Sorong, Sorsel, Maybrat, Kaimana, Tanbrauw, Pegaf dan Raja Ampat,” tuturnya.

Panglima juga menyatakan PPKM Mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 dapat efektif dengan indikasi angka kasus turun dan ekonomi tetap naik.

“PPKM dilakukan melalui koordinasi mulai dari Ketua RT/RW, Kepala Desa, Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, PKK, Posyandu, Dasawisma, Tomas, Toga, Todat, Tokoh Pemuda, penyuluh, pendamping, Tenaga Kesehatan, dan Karang Taruna serta relawan lainnya,” pungkasnya.

Kegiatan pemberian PO diikuti Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, dan seluruh pejabat Kodam XVIII/Kasuari, serta seluruh Dansat jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

https://surabaya.tribunnews.com/2021/07/16/kasus-covid-19-terus-naik-jenderal-andika-perkasa-beri-perintah-ini-ke-pangkostrad-letjen-dudung?page=2

 

 

Mungkin Anda Menyukai