Kesiapan Penerimaan Aparat Teritorial Penugasan Dan Pembentukan Satkowil Baru Di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari – Waaspers Kasad Brigjen TNI Agus Setiawan S.E didampingi oleh Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI H Dedi Sambowo menerima paparan Kesiapan Penerimaan Aparat Teritorial Penugasan dan Pembentukan Satkowil Baru di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari, Jumat 22 Maret 2019 pukul 09.00 WIT bertempat di ruang Yudha Kodam XVIII/Kasuari.

Paparan dilaksanakan oleh Waaster Kasdam XVIII/Kasuari Letkol Inf Daniel S Lalawi dan turut hadir Irdam, Danrindam , Kapoksahli dan para Pamen Ahli Pangdam, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari.

Dalam sambutan lesannya, Kasdam XVIII/Ksr menyampaikan rasa hormat dan berterimakasih kepada Waaspers Kasad karena telah hadir dan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kodam XVIII/Kasuari karena dengan kesibukannya beliau memilih untuk hadir di Kodam XVIII/Kasuari dan memastikan Rindam XVIII/Ksr sudah siap operasional untuk mencetak para Prajurit, mengecek kesiapan penerimaan Apter Penugasan dan pembentukan Satkowil baru di jajaran Kodam XVIII/Ksr.

Dari hasil rapat yang dipimpin Kasad pada tanggal 06 Maret 2019 tentang rencana pemenuhan Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari, maka Kodam XVIII/Kasuari akan mendapatkan 436 orang Apter Penugasan yang akan di tempatkan di Satkowil yang akan dibentuk di jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang berasal dari berbagai Kodam yang ada di wilayah NKRI. Apter Penugasan tersebut mulai dari pangkat Prajurit Kepala s.d. Mayor. Sesuai rencananya pada tgl 20 April 2019 Apter Penugasan tersebut sudah tiba di Kodam XVIII/Kasuari dan akan diberikan pembekalan selama 10 hari oleh Kodam XVIII/Kasuari sebelum diberangkatkan ke daerah penugasan masing-masing.

Pada paparan tersebut juga dijelaskan bahwa Kodam XVIII/Kasuari akan merencanakan pengembangan wilayah Satkowil yaitu :

  1. Korem 181/PVT di Sorong yang akan membawahi 6 Kodim (Kodim 1802/Sorong, Kodim 1805/Raja Ampat, Kodim Sorong Selatan, Kodim Maybrat, Kodim Tambraw dan Kodim Pegunungan Arfak yang saat ini dalam proses perencanaan.
  2. Korem 182 di Fakfak yang akan membawahi 5 Kodim yaitu : Kodim 1803/Fakfak, Kodim 1804/Kaimana, Kodim Bintuni (akan diresmikan tahun 2019), Kodim Teluk Wondama dan Kodim Manokwari Selatan yang masih dalam proses perencanaan.
  3. Kodim 1801/Manokwari rencananya akan ditingkatkan menjadi Kodim tipe A.

Dalam melaksanakan kegiatan kewilayahan, Apter harus dapat bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat dan Aparat Pemerintah Daerah setempat sehingga tujuan dan sasaran Pembinaan Teritorial dalam mendukung Ketahanan Wilayah tidak terjadi ketimpangan dan bertolak belakang antara tujuan dan sasaran pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemda dalam wadah NKRI.

Mungkin Anda Menyukai