Kesiapan Sumber Daya Untuk Pertahanan Negara

Sorong – Kegiatan Road Show Kesiapan Sumber Daya Pertahanan Provinsi Papua Barat TA. 2019 di Hadiri oleh Narasumber Direktur Komcat Kemhan RI Brigjen TNI Untung Waluyo, S.E., dan Narasumber Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., Narasumber Rektor Unamin sorong Dr H. Hermanto Susi. MM., Kasrem181/PVT Kolonel Inf Hariyanto, Asren armada III TNI AL Kolonel Laut (P) Ferry Supriady ST.MM.,  As intel armada III TNI AL Kolonel Laut (E) Yudhi Mardhiyono,  Asops koarmada III TNI AL Kolonel Laut (P) Friche Fleckh, Para Kasi Korem 181/PVT, Para Dansat dan Kabala Aju Korem 181/PVT, Letkol Inf H. R Morin Korwil Binda Papua Barat wilayah Sorong Raya, Brigjen Purn Frandewana tokoh masyarakat, Kabag sunda polresta sorong Kompol Tour Opusumbu, ketua FKUB sorong H.A. Sutedjo, Kadis pemberdayaan masy dan KB Rahman S.STP, moderator Dosen Unamin Sorong Dr Karyadi, Kepala Suku Imeko Ibrahim Hugaji, Pejabat Jajaran TNI, PNS, BUMN, Tokoh Agama, Akademisi, Ormas, dan LSM Se- kota Sorong, bertempat di Hotel Vegas, Jl. Pendidikan, Kota Sorong-Papua Barat, Selasa (19/03/2019).

Sangatlah strategis Kota Sorong yang merupakan pintu keluar masuk dan transit ke Provinsi Papua Barat, yang juga merupakan kota industri, perdagangan dan jasa, karena mempunyai sumber daya alam yang sangat potensial sehingga membuka peluang bagi investor dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya, maka tidak heran jika tingkat keamanan di wilayah Kota Sorong menjadi sorotan dan harus ditingkatan.

Pemahaman tentang substansi RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara meliput konsep sumber daya nasional, bela negara komponen pendukung, komponen cadangan dan mobilisasi/demobilisasi melalui tinjauan dari aspek politik dan hukum. Disinilah perlunya kembali menyadarkan akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara yang dapat menyatukan keragaman bangsa, menjaga keutuhan wilayah dan persatuan rakyat Indonesia. Dalam menjalankan Amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu dengan menata dan mengelola seluruh sumber daya nasional untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat yang tidak dapat dilakukan secara mendadak namun harus dipersiapkan secara dini untuk Pertahanan Negara, akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kuat dan lebih disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Mungkin Anda Menyukai