Kodam VXIII/Kasuari Gelar Upacara Dalam Rangka HUT TNI Ke 72

Manokwari – Kodam XVIII/Kasuari Menggelar Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72, bertempat di Lapangan Makodam XVIII/Kasuari, dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo dan Komandan Upacara Mayor Laut (E) Ali Mashudi, Jumat (05/10/2017).

Adapun Pasukan Upacara terdiri dari 1 Kompi Polisi Militer, 1 Kompi C Yonif Raider 752/VYS, 1 kompi Denma Kodam XVIII/Kasuari, 1 Kompi Balakdam Kodam XVIII/Kasuari, 1 Kompi TNI Al Fasharkan Manokwari, 1 Kompi Brimob Polda Papua Barat, 1 Kompi Pol PP Dan PNS TNI AD, 1 Kompi  Basarnas, Paskibraka, dan Mahasiswa.

Dalam sambutan Panglima TNI, yang dibacakan Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo, HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk tanggung jawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI.

Dengan mengusung Tema Pokok pada kegiatan HUT ke-72 “BERSAMA RAKYAT TNI KUAT” yang memiliki makna yang terkandung antara lain, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat, ujarnya.

Dikatakan, TNI tidak boleh pudar di hati masyarakat di tengah-tengah arus globalisasi, Kesejatian itu harus terus ditumbuhkan kembangkan dan di selaraskan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TNI terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan Negara baik melalui Operasi Militer ataupun Operasi Militer Selain Perang, TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa, dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional serta Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi.

Alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggara serta meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui program remunerasi, perumahan dinas maupun non dinas.

Indonesia akan menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik Internasional di bawah bendera PBB. Upaya ini terus dilaksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharan perdamaian dunia sesuai amanah Pembukaan UUD Tahun 1945, prajurit Diinstruksikan hal-hal utuk dipedomani yaitu :

Pertama. tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua. Tempatkan tugad di atas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.

Ketiga. Junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya peratuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Keempat. Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hokum dan hormati hak asasi manusia.

Kelima. Bina soliditas satuan, tegakan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Keenam. Selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dengan aktif berperan menyelesaikan  masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan.

Ketujuh. Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat baik, berani, tulus, dan iklhas hanya untuk NKRI.

Selain itu dalam rangkaian upacara HUT TNI ke 72 ini beberapa Prajurit Kodam XVIII/Kasuari diberikan penghargaan diantaranya Penerimaan bintang Kep Nararya kepada Pelda Steven D. Tukan dan Serma Jamaludin, Pemberian Bintang Jalasena Nararya kepada Serka Nav muhammad sajuri, Peemberian Satya Lencana XVI Tahun kepada Koptu Keu senen, Pemberian Satya Lencana VIII Tahun kepada Sertu Fajrin Assel.

Di akhir kegiatan  dilanjutkan dengan Drama Kolosal yang bertemakan Jendral Sudirman Sebagai Sosok Pahlawan, dan dilanjutkan dengan Parade Defile.

 

Posting Terkait


scholl php shell online