Kodam XVIII/Kasuari Gelar Rapat Penyusunan RKA TA. 2022 Bidang Operasi TA. 2021

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Kodam XVIII/Kasuari melalui Staf Operasi menggelar rapat penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) TA. 2022 bidang Operasi alokasi anggaran Kodam XVIII/Kasuari TA. 2021, di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Kamis (26/08/2021).

Acara dipimpin langsung oleh Asisten Operasi (Asops) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., M.Si.

Kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan data awal penyusunan RKA bidang operasi Kodam XVIII/Kasuari TA. 2020 yang disusun melalui mekanisme bottom-up dan Top-Down.

Dalam sambutannya, Asops mengatakan penyusunan RKA disesuaikan dengan rumusan kebijakan serta rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari yang telah ditetapkan dalam rangka mendukung tugas pokok.

“Penyusunan RKA harus akurat, lengkap dan komprehensif dengan dilengkapi data masukan dari seluruh unsur untuk menghindari kesalahan dalam perencanaan yang tidak tepat,” ujarnya.

Sesuai dengan sistem perencanaan pembangunan pertahanan negara, salah satu tugas Kodam XVIII/Kasuari adalah berkewajiban menyusun dokumen perencanaan jangka pendek atau tahunan berupa RKA.

UU nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara secara tegas menyatakan bahwa Pemerintah diwajibkan menyusun anggaran dengan menggunakan pendekatan penganggaran terpadu dan penganggaran berbasis kinerja.

“Penerapan penganggaran berbasis kinerja pada dasarnya adalah dalam rangka efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas serta memberikan arah yang jelas tentang penggunaan dana” ucap Asops.

Ia berharap para peserta dalam mengajukan kebutuhan agar satuan kerja berpedoman pada program dan anggaran yang diterima pada tahun anggaran 2021.

“Pengajuan kegiatan suatu program harus benar dan melalui kajian atau survei lapangan secara mendalam sehingga tidak terjadi perubahan sasaran maupun perubahan kegiatan,” katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh Waasops Kasdam XVIII/Kasuari, para narasumber dan Pabandya Sopsdam serta peserta rapat dari masing-masing perwakilan Staf dan Balakdam yang membidangi bidang Ops.

(Pendam XVIII/Ksr)

Mungkin Anda Menyukai