Kodam XVIII/Kasuari Ikuti  Vicon Rakernis TMMD 107 TA. 2020

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Untuk menyukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-107 di Tahun Anggaran (TA) 2020, Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat menggelar Video Conference (Vicon) Rapat Kerja Teknis (Rakernis) TMMD 107, yang dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari S.I.P., M.Si., terkait pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang mendapat kepercayaan menyelenggarakan kegiatan TMMD 107 yang akan dimulai pelaksanaannya pada pertengahan Maret 2020 ini adalah Kodim 1803/Fakfak. Adapun wilayah/daerah yang menjadi sasaran/objek pembangunan fisik dan non fisik TMMD 107 adalah Desa Kanantare, Kecamatan Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Vicon atau konferensi video di Kodam XVIII/Kasuari, digelar pada Selasa (3/3/2020) di Ruang Yudha Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat, dengan pimpinan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein.

Dalam Vicon tersebut, Aster Kasad menyampaikan bahwa kegiatan TMMD bersifat lintas sektoral, sehingga semua kementerian lembaga, semua stakeholder itulah yang berperan dalam pembinaan daerahnya masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan, dalam TMMD 107, TNI AD bekerja sama dengan 11 Kementerian yang mempunyai misi atau tugas masing-masing, yang diarahkan kepada 4 sasaran prioritas, yaitu:

– daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil;

– daerah kumuh perkotaan;

– daerah perbatasan dan pulau terluar; dan

– daerah terkena bencana.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, TMMD ke-107 memiliki sasaran fisik dan sasaran non fisik. Sasaran yang akan dikerjakan dalam TMMD merupakan usulan dari daerah itu sendiri atau bottom up yang dilanjutkan ke atas, dimana apa yang dibutuhkan oleh masyarakat itu yang kita kerjakan. Istilahnya, pengajuan sasaran fisik dari bawah (masyarakat) melalui Babinsa dan diajukan ke Komando,“ ujar Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si.

Pada kegiatan TMMD 107 TA. 2020, sebagaimana di TMMD tahun-tahun sebelumnya, juga digelar Lomba Karya Jurnalistik TMMD, yang akan diikuti oleh peserta internal TNI AD (Dansatgas TMMD/Dandim dan Kapendam) dan peserta dari kalangan jurnalis atau media massa (cetak, online, dan elektronik) baik yang ada di pusat maupun di daerah.

“Mudah-mudahan dengan lomba karya jurnalistik ini juga bisa memacu daerah-daerah yang lain untuk bersama-sama membangun masyarakat di desa,” kata Aster Kasad.

Di kesempatan terpisah, Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. dalam rilisnya mengungkapkan bahwa sasaran fisik dalam kegiatan TMMD ke-107 yang digelar di Kampung Kanantare wilayah Kodim 1803/Fakfak ini, diantaranya adalah melakukan rehab 20 unit rumah masyarakat.

“Sedangkan sasaran non fisik diantaranya adalah menggelar sosialisasi dalam bentuk penyuluhan berbagai materi pengetahuan yang diperlukan dalam kehidupan sosial warga masyarakat, seperti penyuluhan tentang pertanggungjawaban keuangan (Wabku) Dana Kampung, Kambtibmas, Wasbang, Kesehatan, Perkebunan, Perikanan, dan tentang APBN maupun APBD,” ungkap Kapendam.

Vicon di Kodam XVIII/Kasuari yang dipimpin Kasdam tersebut, antara lain diikuti oleh Asisten Teritorial Kodam (Asterdam), Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVIII/Kasuari, dan Kepala BPMPD Provinsi Papua Barat, serta unsur penyelenggara TMMD Ke-107 dari Kabupaten Fakfak, yakni Komandan Kodim (Dandim) 1803/Fakfak, Bupati Fakfak, dan Ketua DPRD Fakfak.

Mungkin Anda Menyukai