Kodam XVIII/Kasuari : Upacara Bendera 17 Agustus 2019

Manokwari – Pada upacara bendera memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Inspektur Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frenky E Riupassa mewakili Pangdam XVIII/Kasuari dan Komandan Upacara Letkol Inf Saheri yang diikuti peserta upacara seluruh prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari pukul 07.00 WIT. (17/08/2019)

Dalam amanat tertulis Pangdam XVIII/Kasuari yang dibacakan Irdam bahwa upacara yang dilaksanakan  setiap tahun ini adalah momen istimewa yang membawa kita kembali  untuk mengingat sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia 74 tahun silam. Saat bapak pendiri bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamasikan kan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Sesungguhnya kedua tokoh Nasional tersebut memberikan pelajaran bagi kita bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan kita harus mengedepankan langkah-langkah konkrit tidak harus menunggu momen-momen yang sempurna. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan, kekuasaan (Vacum Of Power) dimana proses penyerahan tanpa syarat penjajah Jepang terhadap Sekutu belum secara tuntas diselenggarakan. Berbagai kelompok dan organisasi kepemudaan mengambil inisiatif mendesak Soekarno Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan tanpa menunggu janji kemerdekaan penjajah.

Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsip yaitu Kemerdekaan dengan kekuatan sendiri. Salah satu tonggak sejarah watak dasar bangsa Indonesia sebagai  bangsa perjuangan yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan bangsanya dengan kekuatan sendiri.

Tidak ada klaim bahwa  kemerdekaan itu diraih berkat jasa-jasa sekelompok orang karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan SARA. Selama bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajah yang menyengsarakan rakyat dan seluruh bangsa indonesia hingga pasukan Sekutu pemenang Perang Dunia II tidak mampu menghalau kemampuan pejuang kita.

Pada peringatan hari Proklamasi tahun ini mengusung tema “SDM UNGUL INDONESIA MAJU” yang menujukkan bahwa keungulan Sumber Daya Manusia adalah modal utama untuk menghadapi tantangan ke depan, meraih kemajuan untuk mewujudkan tekad dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja dan dedikasi di bidang tugas masing-masing sebagai sumbangsih kita untuk kemajuan bangsa dan negara.

Mungkin Anda Menyukai