Kodim 1804/Kaimana Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Kaimana, Kodim 1804/Kaimana menggelar upacara peringati Hari Lahir Pancasila tahun 2019 yang bertempat di lapangan upacara Makodim, Sabtu (1/6/2019).

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni dipimpin langsung Bupati Kaimana Drs. Mathias Mairuma, sebagai Inspektur Upacara. Hadir pada Upacara tersebut Muspida Kabupaten Kaimana beserta jajarannya. Bupati Kaimana dalam sambutannya mengatakan , sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para Bapak Bangsa Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat. Kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2019 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dan 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau: semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan lndonesia sebagai negara maju.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Bapak Bangsa ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih lndonesia kepada masyarakat dunia.

Pelaksanaan Upacara diikuti kurang lebih 250 orang yang terdiri dari ASN, TNI, Polri, Senkom, Damkar, Satpol PP dan  Pramuka.

 

Mungkin Anda Menyukai