Kunjungan Tim Analisa Intelter Pada Binter Satnonkowil Di Jajaran Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari, Kamis 09 Mei 2019 pukul 09.00 WIT – Ketua Tim Analisa Intelijen Teritorial dari Pusat Teritorial Angkatan Darat Kolonel Inf Awal Nur beserta anggota disambut oleh Aster Kasdam XVIII/Ksr Kolonel Inf Andi. M. Ali di ruang Yudha Kodam XVIII/Kasuari serta turut hadir para pejabat Kodam XVIII/Ksr dan pejabat yang membidangi Teritorial di Satnonkowil jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Dikutib dari sambutan tertulis Pangdam XVIII/Ksr Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau yang dibacakan Aster Kasdam XVIII/Ksr bahwa sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada Pasal 7 Ayat 2 disebutkan bahwa tugas pokok TNI AD adalah menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara yang dilakukan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dalam penyelenggaraan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), maka Binter menjadi senjata utama bagi Prajurit TNI AD baik yang berdinas di Satkowil maupun Satnonkowil dimana di dalamnya terdapat unsur Intelijen Teritorial yang perlu dikuasai oleh setiap Aparat Teritorial. Namun saat ini Intelijen Teritorial masih terbatas dikuasai dan di berdayakan oleh Aparat Teritorial sehingga pelaksanaan Binter di Satnonkowil menjadi kurang optimal. Untuk itu Pimpinan TNI AD melalui Pusat Teritorial Angkatan Darat menyelenggarakan kegiatan Analisa Intelter di seluruh Satuan Kowil dan Nonkowil jajaran TNI AD.

Mungkin Anda Menyukai