Kunjungan Tim Asnis Penyelenggaraan Binter Di Koramil 1801-01/Manokwari

Dalam rangka mengevaluasi kegiatan pembinaan teritorial Koramil di jajaran Kodim 1801/Manokwari, Tim Asnis (Asistensi Tekhnis) dari Pusterad sebanyak 4 orang melaksanakan kunjungan ke Koramil 1801-01/Manokwari Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Senin (18/02/2019).

Kegiatan Asistensi Tekhnis tersebut dibuka oleh Ketua Tim Asnis Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P. dan didampingi oleh Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Hendriek Paulus Mote. Adapun yang hadir dalam kegiatan Asistensi tersebut adalah Paban Puanterdam XVIII/Kasuari, Danramil 1801-01/Manokwari, Danramil 1801-02/Warmare, Pasiterdim 1801/Manokwari, Aparat Pemerintah 5 orang, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, FKPPI, Batuud Ramil, Baur Ramil dan Babinsa 10 orang.

Dalam Amanat Danpusterad yang dibacakan Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P. menyampaikan bahwa Peran Binter dalam hubungan  antara TNI AD dengan rakyat sudah berjalan dari semenjak berdiri- nya nkri. sebagaimana tersebut dalam UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 2 (dua): menyebutkan jati diri Tentara Nasional Indonesia sebagai Tentara Rakyat. Tentara Rakyat dimaksud disini adalah sebagai prajurit yang berasal dari rakyat; dibentuk oleh rakyat; dan digunakan kekuatannya untuk kepentingan rakyat. hal inilah yang membangun konsep diri tni ad untuk menemukan jati diri yang baik, dengan mengedepankan binter terhadap seluruh komponen bangsa sehingga terwujud rak juang yang tangguh serta tetap terpeliharanya kemanung- galan TNI Rakyat.

Di rangkaian Asistensi Tekhnis tersebut, Danramil 1801-02/Warmare juga memaparkan Kegiatan Binter yang telah dilaksanakan di wilayah binaannya. Dalam kegiatan tersebut Tim juga memberikan chek list kepada para anggota Koramil yang diisi menurut pemahaman masing-masing  anggota dan jawabannya dibawa langsung oleh tim untuk dilihat dan dibaca oleh Komando Atas sebagai bahan masukan. Selain itu juga Tim Asnis memberikan pengarahan kepada anggota tentang pelaksanaan Binter dan memberikan motivasi kepada anggota agar dapat melaksanakan tugas dengan baik di wilayah sesuai dengan harapan dari Komando Atas.

“Dengan adanya Asnis Binter koramil ini ,semoga  dapat memantapkan pembinaan teritorial  sebagai metode pembinaan yang efektif dalam menciptakan, menyiapkan dan menyiagakan kekuatan wilayah yang tangguh, mandiri, berdaya guna dan berhasil dilaksanakan di wilayah binaannya.” Ujar Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Hendriek Paulus Mote

Mungkin Anda Menyukai