Lapangan ‘4 In One’ Kodam XVIII/Kasuari Abadikan Nama Pahlawan Nasional Papua Barat

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Saya ingin kalian memiliki keunggulan dan daya saing. Kalian tidak boleh menjadi prajurit kalahan (sering/selalu kalah). Kalian harus menjadi prajurit menangan (sering/selalu menang). Oleh karena itu, dilapangan olah raga “4 In One” inilah kamu timbulkan kompetisi, daya saing. Bertanding harus menang dengan terus berusaha. Kalau jiwa-jiwa seperti itu terus kamu tumbuhkan didalam berbagai kegiatan sehari-hari maka kamu tidak akan punya rasa ragu-ragu dalam setiap kegiatan, tugas operasi atau apapun.

Demikian ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) saat meresmikan Lapangan ‘4 in One’ M.S Rumagesan yang berada di kompleks Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (21/5/2021) minggu lalu.

Raja Machmud Singgirei Rumagesan (M.S Rumagesan) yang diabadikan sebagai nama Lapangan ‘4 in One’ Kodam XVIII/Kasuari tersebut adalah nama sosok seorang pejuang Integrasi kembalinya Papua ke NKRI, yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan 10 November 2020. Raja Sekar-Kokas Kabupaten Fakfak ini adalah tokoh Papua Barat pertama dianugerahi Pahlawan Nasional, yang dikenal sangat pemberani, dekat dengan rakyatnya, dan sangat menentang sepak terjang Pemerintah Kolonial Belanda.

Lapangan ‘4 in One’ yang diberi nama Pahlawan Nasional Papua Barat adalah tempat, sarana, lapangan olahraga yang berada di satu titik lokasi atau dengan kata lain merupakan sport center. yang terdiri dari empat lapangan olah raga yaitu lapangan Volly ball, Tenis Lapangan, Basket dan Kalestinik (semapta “B”). Lapangan ini dibangun dan didesain untuk memenuhi kebutuhan para prajurit dan keluarganya dalam hal membina fisik guna mewujudkan kesegaran jasmani dan terpeliharanya kesehatannya, menindaklanjuti perintah Pimpinan TNI AD yakni Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dari hati yang paling dalam kepada seluruh prajurit Kodam XVIII/Kasuari karena kita bisa buktikan, dengan kerja keras kita, dengan segala keterbatasan, ketidakadaan, Kodam yang baru berdiri 4 tahun, kita bisa membangun tempat atau sarana yang luar biasa ini. Kita harus bangga, gembira, bahagia, walaupun kita berdinas di ujung pulau paling timur Indonesia ini, kita bisa membangun suatu tempat olahraga yang mungkin kalau kalian pernah berdinas di satuan lain tidak bisa mendapatkan tempat yang begitu luar biasa seperti ini,” ujar Pangdam.

“Kita juga ingin, kalian semuanya menjadi bangga dan senang berdinas di Kodam XVIII/Kasuari ini. Untuk itu saya harapkan dengan adanya lapangan ini kalian semakin cinta dengan satuan ini, semangat dan morilmu harus tinggi. Saya sudah berjanji, di awal penugasan ini dengan visi saya, bagaimana menjadikan kamu prajurit yang profesional, dicintai rakyat dan harus mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan teritorial di seluruh wilayah Papua Barat. Saya juga sebagai Panglima tidak bisa hanya menuntut dan menuntut saja namun saya juga harus bisa memberikan sesuatu kepada kalian, itulah pemimpin. Maka sekali lagi saya minta kepada kalian, jangan ada yang merusak nama baik Kodam, jangan ada yang membuat pelanggaran apalagi menjadi pengkhianat, tidak boleh. Kalian harus cintai Kodam ini, karena kita besar dan dapat gaji disini, masa depan dan pangkat kita pertaruhkan disini,” sambungnya.

Menurut Mayjen I Nyoman Cantiasa, Lapangan ‘4 in One’ ini bisa dibuat karena segenap warga Kodam XVIII/Kasuari kompak, bersatu, dan saling bahu-membahu sehingga dapat mewujudkan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin ( impossible make possible).

“Kita, Kodam ini harus membuat lompatan-lompatan untuk mengejar ketertinggalan kita dengan Kodam yang lain. Kalau kita tidak membuat terobosan-terobosan seperti ini, kita tidak akan maju dan dapatkan prajurit-prajurit yang memiliki fisik yang bagus, kita tidak akan memiliki prajurit atlet-atlet terbaik,” ungkapnya.

Dengan adanya fasilitas Lapangan olah raga ‘4 in One’ ini diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkuat rasa kebersamaan dan menumbuhkan jiwa korsa antara pimpinan dan anak buahnya, baik di kalangan Perwira, Bintara maupun Tamtama, termasuk PNS TNI di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari.

“Disini kamu tumbuh nilai kebersamaan, silaturahmi, bergaul, bergumul, bertarung agar tumbuh jiwa korsa. Untuk itu, hari ini saya lombakan di sini dan saya juga akan bantu dengan sarana olahraga untuk tiap-tiap satuan. Saya bermimpi setahun dua tahun lagi akan lahir di sini atlet-atlet Kodam terbaik ,” ucapnya.

Acara peresmian Lapangan ‘4 in One’ M.S Rumagesan Kodam XVIII/Kasuari ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan pembagian kostum dan bola, serta penyerahan hadiah kepada para peserta lomba.

Acara dihadiri Kasdam Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam Brigjen TNI Steve C. Parengkuan, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para Asisten Kasdam, dan Kabalakdam, serta para Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari.

(Pendam XVIII/Ksr)

Mungkin Anda Menyukai