Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, yang di wakili oleh  Kasrem 171/PVT Kolonel Inf Dian Sundiana, S.E, memimpin pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang di hadiri oleh para Pasi Korem 171/PVT, para Dansat dan Kabalak Aju Korem 171/PVT serta bertempat di Aula Praja Vira Tama dan Gedung ACC Kab. Aimas, Sorong-Papua Barat, Jumat (10/11/17).

Korem 171/PVT selaku Satuan Komando Kewilayahan TNI-AD mempunyai tugas dalam Operasi Militer    Selain Perang (OMSP) salah satunya adalah memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam. Oleh karena itu diperlukan kemampuan dan profesionalisme prajurit di jajaran Korem 171/PVT.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 171/PVT Tahun 2017 adalah salah satu program latihan yang diselenggarakan dengan tujuan melatih prosedur dengan tata cara kerja yang berlaku agar  memiliki keterampilan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan sekaligus menyelesaikan tugas yang diemban tepat waktu dan tepat sasarannya dan sebagai upaya meningkatkan kesiapan satuan dalam menghadapi setiap tugas.

Hal ini mengingat pada kondisi geografis Wilayah Papua Barat secara khusus di wilayah Sorong yang     terletak di atas pertemuan lempengan Tektonik pasifik dan tempat lempengan Tektonik lokal, sangat memungkinkan terjadinya kerawanan bencana alam, baik berupa gempa bumi yang berpotensi Tsunami maupun mengakibatkan tanah longsor yang sering terjadi tidak dapat diprediksi dan dicegah, namun hal tesebut membutuhkan suatu pemikiran dan penanganan khusus untuk langkah-langkah  antisipasi guna mengurangi korban yang lebih besar.

Dengan melalui latihan penanggulangan bencana alam bersama ini, diharapkan akan semakin memantapkan profesionalisme para prajurit yang  sekaligus semakin mempererat dan memperkokoh kerjasama antara TNI Angkatan Darat dan Pemerintah Daerah serta masyarakat dengan dilandasi rasa saling percaya dan saling menghormati.

Posting Terkait