Melalui Pancasila, Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Tanah Air

Sorong – Guna menumbuhkan kecintaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Babinsa Koramil 1704-10/Makbon Sertu Edi Purnama memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan memberikan penjelasan pengertian dan makna dari Pancasila kepada Siswa-siswi SD Negeri 4 Kampung Malawor, Distrik  Makbon, Kabupaten Sorong, Kamis (15/02/18).

Pada penjelasan Sertu Edi Purnama mengatakan Pancasila diartikan sebagai Lima Dasar, yang dijadikan Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Suatu bangsa tidak akan berdiri dengan kokoh tanpa dasar negara yang kuat dan tidak akan dapat mengetahui dengan jelas, kearah mana tujuan yang akan dicapai tanpa Pandangan Hidup. Dengan dasar negara, suatu bangsa tidak akan terombang ambing dalam menghadapi berbagai permasalahan baik yang dari dalam maupun dari luar. Kalau kita umpamakan membangun rumah tanpa dasar yang kuat rumah tersebut akan cepat roboh.

Pancasila sebagai ilmu dasar yang digunakan bangsa Indonesia dalam melakukan, menjalani, memikirkan nilai dan norma–norma adat istiadat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Sehingga apa yang masyarakat lakukan untuk negaranya tidak keluar atau melanggar ideologi tersebut, sehingga dapat berjalan dan berkembang dengan terarah sesuai dengan 5 Sila yang terdapat dalam Pancasila. Selain memberikan pengertian Pancasila, Sertu Edi juga mengatakan 5 Sila dalam Pancasila wajib dihafalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai Sila-silanya, lanjut Sertu Edi.

Bapak Yohanis Selaku Kepala Sekolah SD Negeri 4 Kampung Malawor,  Distrik  Makbon, Kabupaten Sorong. Mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Koramil 1704-10/Makbon Sertu Edi Purnama, Semoga kegiatan seperti ini akan terus ada sehingga dapat menambah pengetahuan bagi siswa-siswi kami.

Mungkin Anda Menyukai