Menjembatani Permasalahan Yang Timbul Di Masyarakat

Sorong – Mendapatkan simpati dan respon dari masyarakat tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, ungkapan seperti benar–benar di rasakan dan di dilakukan oleh Serda Johan Surat, salah satu Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1704-06/Salawati, Selasa (06/02/18).

Babinsa koramil 1704-06/Salawati mendapat laporan dari salah satu warga bahwa rencana warga akan melakukan tindakan pemalangan dilokasi tanah yang akan di bangun pembangunan sekolah, warga menuntut hak ulayat harus di selesaikan sehingga pemembangun bisa dilanjutkan, Babinsa menghimabau kepada kepala kampung dan warga pada khusus suku Moi minta masalah ini diselesaikan dengan musyawarah, sehingga tidak ada lagi tindakan kekerasan dan melaksanakan pemalangan di lokasi tersebut. Dengan adanya kejadian tersebut babinsa langsung turun tangan dan menjembatani permasalahan tersebut.

Adapun tujuan dilaksanakan Komsos dengan warga tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi serta kerjasama yang erat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sebagai seorang Babinsa terutama di wilayah Perkampungan, harus bisa membangun Komunikasi Sosial (Komsos) yang kuat dan erat dengan masyarakat berbagai elemen guna mewujudkan tugas pokok TNI AD di Komando Kewilayahan.‎ “Komunikasi perlu dibangun untuk menumbuhkan kebersamaan dengan seluruh elemen tokoh masyarakat Desa Daleman,” kata Serda Johan Surat.

Selain itu, tujuan Komsos untuk mendekatkan Babinsa dengan warga masyarakat guna menumbuhkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat.

“Gelaran ini juga sebagai wahana untuk melakukan giat monitoring wilayah. Disamping itu, juga Komunikasi sosial tersebut sebagai sarana untuk memantau situasi di wilayah binaan,” tandasnya.

Posting Terkait