Minggu Ke – 1 TMMD Ke – 103 Kampung Nusaulan, Distrik Buruway, Kab.Kaimana

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan
secara terpadu antara TNI, Departemen/Lembaga Non Departemen dan masyarakat. Kegiatan TMMD dilaksanakan oleh Kodam XVIII/Kasuari melalui program terpadu lintas sektoral dari satuan atas ke satuan bawah yaitu melalui Satgas TMMD Kodim 1713/Kaimana. Guna membantu kelancaran tugas pelaksanaan TMMD tersebut, mak pada setiap. Departemen/Lembaga Non Departemen dibentuk Tim Asistensi Inter Departemen baik di tingkat Pusat maupun di tingkat Propinsi.  Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara,bela negara dan disiplin nasional, Selasa (13/11/2018).
Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama kurang lebih dari 25 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

Minggu ke – 1 TMMD ke – 103 di Kampung Nusaulan, Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana, Sasaran Fisik Pembuatan rumah type 42 sebanyak 6 unit dan pembuatan MCK umum, pada minggu ke – 1 TMMD yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD ke – 103 Kodim 1713/Kaimana setelah upacara pembukaan TMMD dimulai dari penggalian tanah dilanjutkan dengan pembuatan fondasi rumah sampai dengan hari ke – 7 sudah mencapai 18 %. Mulai dari hari pertama sampai dengan hari ke – 7 pekerjaan sasaran fisik oleh Satgas TMMD ke – 103 mendapat antusiasme  yang besar dan dukungan dari masyarakat setempat.

Sasaran Non Fisik, Pada minggu pertama kegiatan TMMD ini dilaksanakan dengan beberapa kegiatan diantaranya anggota satgas TMMD melaksanakan Wasbang kepada siswa-siswi SD yang berada di Kampung Nusaulan, Penyuluhan HIV/AIDS kepada masyarakat Kampung Nusaulan dan penyuluhan tentang bahaya ISIS. Wawasan kebangsaan merupakan kegiatan peningkatan kecintaan dan bangga kepada bangsa dan tanah air Indonesia, khususnya untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan pelajar dan santri serta mendorong percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita Nasional dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dari pembangunan yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD ke – 103 pada minggu ke – 1 sudah mencapai 18 %, serta mendapatkan antusias yang cukup besar dari masyarakat kampung Nusaulan.

 

Mungkin Anda Menyukai