Minggu Ke – 3 Tmmd Ke – 103 Kampung Nusaulan, Distrik Buruway,Kab.Kaimana

Nusaulan – TMMD merupakan salah satu cara TNI mengajak komponen-komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa, terutama pada hal-hal  yang belum tersentuh  oleh program  pemerintah dan membutuhkan upaya  percepatan pembangunan. Kodam XVIII/Kasuari melalui Satgas TMMD ke – 103 Kodim 1713/Kaimana terus menunjukkan keberpihakannya kepada masyarakat. Selain membangun rumah, MCK umum, serta penyuluhan kesehatan dan lainnya juga dengan beberapa kegiatan lainnya, yang menjadi salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2018 ini, Selasa (13/11/2018).

Minggu ke – 3 TMMD ke – 103 di Kampung Nusaulan, Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana Sasaran Fisik, Pembuatan rumah type 42 sebanyak 6 unit pada  hari ke – 15 s.d hari ke – 22 ( minggu ke – 3 ) sudah mencapai 65 % dengan pengerjaan pembuatan dinding-dinding rumah, platfon rumah dan atap,  sedangkan pembuatan MCK umum sebanyak 4 unit sudah mencapai 77 %. Satgas TMMD ke – 103 di Kampung Nusa Ulan, Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana juga melakukan renovasi salah satu Masjid Madinahtul Mubaroq, Desa Nusaulan. Melalui program renovasi rumah ibadah ini, Satgas TMMD tidak hanya bekerja sendiri melainkan dibantu antusias warga Kampung Nusaulan. Pasiter Kapt Inf Setiyono menjelaskan bahwa kegiatan renovasi masjid merupakan kegiatan di luar TMMD atau over prestasi dari kegiatan TMMD ke-103. Selain di kerjakan oleh warga, juga dibantu oleh pengurus masjid  Madinahtul Mubaroq, yakni H. Adit Samai (Imam masjid), Abdullan Rummadai ( Muadzin/tukang Azan ), Rasid Samai ( Khotib/penceramah ) dan Abdullah Ofifoi (Marbot/penjaga masjid). Pekerjaan itu dipimpin langsung oleh salah satu personel Satgas TMMD yakni Pelda Muray, mulai dari perbaikan kerusakan bangunan hingga pengecetan masjid.

Sasaran Non Fisik, Pada minggu ke – 3 pelaksanaan TMMD ke – 103 di Kampung Nusaulan kembali dilaksanakan dengan beberapa kegiatan diantaranya pendidikan dan kesehatan yang merupakan program Nasional yang harus dilaksanakan sampai ke daerah terisolir. Kali ini Satgas TMMD melaksanakan penyuluhan tentang bahaya Isis, Kamtibmas, bahaya HIV/AIDS dan melakukan pendekatan-pendekatan secara langsung kepada seluruh masyarakat yang berada di Kampung Nusaulan. Dengan diadakannya hal seperti ini merupakan wadah bagi TNI untuk berinteraksi secara harmonis, saling memberi dan menerima pendapat dan ide-ide positif yang membangun, sehingga timbul saling pengertian tentang peran dan tugas serta fungsi masing-masing. Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat mencapai kesamaan pemahaman dan menghasilkan berbagai pemikiran cemerlang, sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah.

Masyarakat Kampung Nusaulan, Distrik Buruway, sangat berterima kasih dengan upaya yang telah dilakukan oleh Satgas TMMD ke – 103 Kodim 1713/Kaimana dengan mengatasi kesulitan mereka untuk turut membantu merenofasi tempat ibadah yang dapat digunakan untuk beribadah secara khusyuk dalam rangka memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

 

Mungkin Anda Menyukai