Olahraga Bersama Pramuka Sakawira Kartika Kodim 1804/Kaimana

Kaimana, Kegiatan Olahraga bersama Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1804/Kaimana dilaksanakan di Sanggar Frans Kaisepo Saka Wira Kartika, Kamis (20/06/19).

Kebanyakan orang beranggapan bahwa pramuka hanya berurusan dengan tepuk tangan, baris berbaris dan perkemahan. Sejatinya, kegiatan pramuka itu sendiri adalah bagian dari olahraga, bahkan bisa lebih dari itu.

Terorganisirnya kegiatan pramuka justru dapat diterapkan dalam dunia pengembangan atlet. Pasalnya, pramuka sendiri mempunyain tingkatan-tingkatan berdasarkan klasifikasi usia, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kategori usia tersebut tentu saja sudah ada di dunia olahraga. Namun, untuk saat ini masih sangat minim perhatian kalsifikasi usia dia dalam olahraga. Terutama pada usia muda di sepakbola.

Selain itu, pramuka bisa dikatakan sebagai kegiatan yang banyak melatih ketahanan fisik. Jika merujuk hal itu, pramuka itu sendiri bisa dikatakan seperti olahraga dalam kegiatannya. Seluruh anggota dipastikan terlibat aktivitas lari, jogging, melompat, dan mengangkat beban berat, namun dikemas secara menyenangkan.

Yang lebih menariknya lagi, dengan pramuka kita bisa melatih kerja sama tim. Hal itu tentu sangat penting di dalam dunia olahraga yang pertandingannya melibatkan lebih dari satu orang. Sebagai contoh sebuah tim sepakbola.

Dengan banyaknya karakter individu di dalam tim, pramuka melatih keakraban dengan berkemah. Dari banyaknya karakter yang berbeda, satu sama lain dituntut untuk membantu agar bisa bertahan hidup.

Sertu AS.Rado selaku pembina pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1804/Kaimana mengatakan bahwa kegiatan semacam ini rutin dilaksanakan di hari2 libur adik2 binaan Saka Wira Kartika untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tetap fit sehingga dapat melaksanakan kegiatan apapun dengan semangat” ujarnya.

Mungkin Anda Menyukai