Pangdam XVIII/Kasuari Buka Opster TNI, Sekaligus Cek Pembangunan Brigif 26/GP

Teluk Bintuni. kasuari18-tniad.mil.id – Opster TNI ini bernilai sangat strategis untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melaksanakan percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Ketahanan Nasional di wilayah, dalam hal ini Kabupaten Teluk Bintuni.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P. M.Si mengatakan itu saat mengunjungi Kodim 1806/Teluk Bintuni, sekaligus membuka Operasi Teritorial (Opster) TNI TA 2020 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, Senin (8/6/2020), tepatnya di Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Opster TNI di Kabupaten Teluk Bintuni ini akan berlangsung selama 60 hari, mulai 9 Juni hingga 7 Agustus 2020, dengan lokasinya di Kampung Botai Lama dan Kampung Botai Baru, Distrik Manimeri.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Opster TNI merupakan operasi yang dilaksanakan oleh satuan TNI secara berdiri sendiri atau bersama komponen bangsa lainnya, dengan tugas pokok kegiatan Binter disertai dengan tugas khusus, sasaran, waktu, tempat, dan dukungan logistik yang ditetapkan dalam rangka melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” ujar Pangdam.

Opster TNI tersebut memiliki dua sasaran, meliputi sasaran fisik (pembangunan sarana prasarana yang sangat dibutuhkan masyarakat), yakni pembangunan rumah warga tipe-45 sebanyak 32 unit, pengecoran jalan kampung sepanjang 300 meter dan lebar 6 m serta pembangunan 2 unit sarana air bersih. Sedangkan sasaran non fisik dititikberatkan pada anjuran untuk mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dan meningkatkan motivasi, kreatifitas, serta budaya gotong royong, guna menaikkan kualitas hidup masyarakat ke arah kehidupan sosial yang lebih baik, sejahtera, dan mandiri,”

“Kegiatan non fisik juga diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa, hidup saling tolong menolong atas dasar kesetiakawanan sosial, dan menumbuhkan rasa persaudaraan yang erat,” ucap Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Berbagai kegiatan non fisik yang akan digelar dalam Opster TNI di Kabupaten Teluk Bintuni ini, meliputi penyuluhan kesehatan, Wawasan Kebangsaan, dan Kamtibmas, serta pengobatan massal. Selain itu akan dilakukan pembagian masker dan hand sanitizer, pembagian Sembako kepada warga terdampak Covid-19, dan pemberian 100 paket perlengkapan sekolah serta perlengkapan rumah ibadah baik Masjid dan Gereja.

Tinjau Lokasi Pembangunan Brigif 26/GP, dan Sambangi Polres Teluk Bintuni

Sebelum membuka secara resmi dimulainya pelaksanaan kegiatan Opster TNI di Kabupaten Teluk Bintuni, Pangdam XVIII/Kasuari, Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, dan rombongan pejabat Kodam XVIII/Kasuari yang berangkat dengan Helikopter Caracal TNI AD, singgah ke Markas Komando (Mako) Kompi Senapan (Kipan) D Yonif RK 762/VYS sebagai cikal bakal Yonif 763/Sanetia Buerama Amor (SBA), sekaligus mengecek proses pembangunan Brigif 26/Gurana Piarawaimo (GP), yang lokasinya tdk jauh dari Mako Kipan D.

Selanjutnya Pangdam beserta rombongan menuju Polres Kabupaten Teluk Bintuni untuk melaksanakan silaturahmi dengan para personel Polri yang bertugas di sana.

Dihadapan Kapolres, AKBP Hans Rachmatulloh Irawan, S.I.K. dan anggota Polres Teluk Bintuni, Pangdam Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra mengimbau untuk selalu menjaga kekompakkan dan kebersamaan sebagai sesama anak bangsa, dalam menjaga keamanan stabilitas di wilayah guna menjaga keutuhan NKRI, sekaligus dalam membantu Pemerintah Daerah dalam memberantas pandemi virus Corona (Covid-19), yang mengharuskan kita untuk bahu-membahu dalam menanganinya.

“Harapan saya dengan adanya silaturahmi ini, kita tingkatkan terus kebersamaan dan kekompakkan kita dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dan itu tugas kita dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara ini. Apabila ada hal-hal negatif agar segera dikomunikasikan dan hal-hal yang sudah berlalu agar di lupakan saja. Kita jalin hubungan yang baik antar sesama. Jadi TNI-Polri harus kompak. Kita juga harus bahu membahu dalan membantu Pemerintah Daerah menangani pandemi Covid-19 ini,” ucap Pangdam.

Persit KCK Gelar Tatap Muka

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ny. Retno Ali Hamdan Bogra melakukan tatap muka dan silaturahmi dengan anggota Persit KCK Ranting V Kompi Senapan (Kipan) D Cabang XXIX Yonif RK 762/VYS, Koorcab Rem 181 PD XVIII/Kasuari di Mako Kipan D Yonif RK 762/VYS.

Pada kesempatan itu, Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari mengingatkan kepada para ibu Persit KCK di Kipan D agar selalu mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga tidak mudah terkena virus, termasuk didalamnya adalah menjaga anak-anak didalam keluarganya.

“Sebagai ujung tombak keluarga, ibu-ibu Persit harus selalu menjaga kesehatan diri dan keluarganya dalam situasi pandemi Covid-19 ini,” kata Ny. Retno Ali Hamdan Bogra.

“Kepada ibu-ibu juga saya pesankan untuk selalu menjaga kekompakkan, kerukunan, dan menciptakan suasana yang tenang di dalam rumah tangga. Jangan memposting ke Media Sosial hal-hal yang negatif. Semoga ibu diberikan kesehatan dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang didapatkan sekarang ini,” pesannya.

Kunjungan Kerja (Kunker) Pangdam diakhiri dengan peninjauan ke lokasi pelaksanaan Opster TNI yang berada di Kampung Botai Lama dan Botai Baru, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Para pejabat militer dari Kodam XVIII/Kasuari yang mendampingi Kunker Pangdam selama di Kabupaten Teluk Bintuni adalah Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Drajad Bima Yoga, S.I.P., M.H, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan, Asops, Aster, Kazidam, Kapendam, Dandim 1806/Teluk Bintuni, Dandeninteldam, dan Pabandyalat Sopsdam XVIII/Kasuari.

Mungkin Anda Menyukai