Pangdam XVIII/Kasuari serahkan Bantuan Kendaraan Dinas dari Kasad : “Terima Kasih Bapak Kasad dan Komisi I DPR RI”.

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) menyerahkan bantuan kendaraan Dinas dukungan dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa TA. 2020 melalui upacara penyerahan kendaraan kepada Prajurit di lapangan Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Selasa (15/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, mewakili prajurit Kodam XVIII/Kasuari Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Kasad atas bantuan dan perhatiannya terhadap Kodam XVIII/Kasuari,

“Selaku Pangdam XVIII/Kasuari dan pribadi beserta segenap prajurit Kodam XVIII/Kasuari, mengucapkan terima kasih setinggi-tinginya kepada Bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa atas perhatiannya kepada Kodam XVIII/Kasuari, hingga kendaraan ini dapat dioperasionalkan untuk mendukung tugas pokok TNI AD,” ucapnya.

Selain itu, Pangdam juga mengucapkan apresiasi kepada perwakilan Komisi I DPR RI yang hadir pada acara tersbut, yakni Yan Permenas yang merupakan putra asli Papua, dimana Komisi I DPR juga ikut andil dalam terealisasinya bantuan tersebut.

“Ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi juga kami ucapkan kepada Komisi I DPR RI yang diwakili oleh Bapak Yan Permenas Mandenas yang telah memberikan perhatian khusus kepada TNI-AD sehingga pengadaan kendaraan dinas ini dapat terealisasi untuk mobilitas prajurit dilapangan dan tentu manfaatnya sangat dirasakan untuk kesejahteraan prajurit Kodam XVIII/Kasuari,” ungkapnya.

Pada tahun anggaran 2020 lalu, Kasad melalui staf Logistik Angkatan Darat dan Puspalad melaksanakan kebijakan melalui program pengadaan kendaraan dinas TNI AD sebanyak 547 unit yang terdiri dari 309 mobil dan 238 sepeda motor dan diberikan kepada satuan-satuan di jajaran Angkatan Darat seluruh Indonesia.

“Kita patut bersyukur, Kodam XVIII/Kasuari mendapatkan prioritas alokasi kendaraan yang diberikan cukup banyak dibanding dengan satuan-satuan lain khususnya sepeda motor. Hal ini dikarenakan rasa cinta dan bangga bapak Kasad kepada Kodam XVIII/Kasuari. Dari 238 unit sepeda motor pengadaan Angkatan Darat, Kodam XVIII/Kasuari mendapatkan jatah sebanyak 121 unit sepeda motor, sedangkan untuk mobil, kita mendapatkan alokasi sebanyak 13 unit mobil,” tutur Pangdam.

Sebagai informasi, pengadaan kendaraan dinas tersebut merupakan pengadaan kendaraan dinas terbesar dalam sejarah TNI AD dalam satu kali pengadaan. Selain itu, kendaraan dinas tersebut dilapisi warna cat terbaru untuk warna Angkatan Darat, cat tersebut merupakan cat khusus yang belum ada sebelumnya.

Disela upacara, Pangdam berpesan kepada penerima kendaraan agar menjaga amanah dari pimpinan Angkatan Darat untuk memanfaatkan, merawat, pelihara dan menggunakan kendaraan tersebut sebaik mungkin.

“Keberadaan kendaraan ini merupakan upaya pimpinan untuk memberikan kesejahteraan bagi prajurit agar pelaksanaan tugas berjalan semakin lancar dan baik. Tugas pemimpin adalah pertama disamping menyiapkan prajurit yang profesional, yang paling penting adalah memberikan kesejahteraan bagi prajurit. Untuk itu, khususnya Kodam XVIII/Kasuari perlu kita sikapi dengan tetap semangat dalam melaksanakan tugas serta memberikan karya yang terbaik kepada Angkatan Darat, Negara dan Bangsa Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Yan Permenas Mandenas salah satu anggota Komisi I DPR RI yang hadir mewakili Pemerintah mengharapkan dengan dukungan kendaraan dari pimpinan TNI Angkatan Darat ini akan terus menambah semangat dan daya juang daripada para prajurit untuk mendukung tugas-tugas dalam aktivitas operasional baik itu di tingkat Kodam, Kodim, Korem, Koramil, sampai dengan pos Ramil.

“Kami yakin bahwa perhatian ini bukan saja sekedar memberikan dukungan kendaraan tetapi ada motivasi yang tinggi dari pimpinan TNI Angkatan Darat kepada para prajurit kita di Papua agar bagaimana kita terus menciptakan damai di tanah Papua dan kita yakinkan masyarakat Papua dengan kehadiran TNI merupakan bagian dari kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat Papua,”ujarnya.

Ia juga menambahkan perhatian akan terus diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat dalam hal ini Kasad dan juga Komisi I DPR RI untuk memperjuangkan kesejahteraan prajurit dapat terpenuhi di waktu yang akan datang.

Usai upacara penyerahan kendaraan dinas, dilaksanakan pengecekan kendaraan oleh Pangdam XVIII/Kasuari bersama anggota Komisi I DPR RI didampingi Wagub Papua Barat Mohamad Lakotani, S.H., M.Si., dan Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan pelepasan secara simbolis kendaraan dinas yang dikendarai oleh masing-masing Babinsa diwilayah Manokwari dan diakhiri dengan peninjauan pangkalan Kodam XVIII/Kasuari.

Selain penyerahan secara langsung, upacara penyerahan juga diikuti secara virtual melalui video conference oleh satuan-satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari diluar wilayah Manokwari.

(Pendam XVIII/Ksr)

Mungkin Anda Menyukai