Pangdam XVIII/Kasuari Menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan di Mapolda

Manokwari – Bertempat Mapolda Papua Barat, berlangsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin dan Pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Kepala BNN Papua Barat, Kepala Basarnas dan pasukan gabungan TNI–Polri, Jumat (21/12/2018).

Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga karena diiringi pula dengan penetapan libur Nasional.

“Segenap prajurit satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari siap membantu Polda Papua Barat dalam mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah Papua Barat” tegas Pangdam XVIII/Kasuari.

Operasi dengan sandi “Lilin 2018” melibatkan 167.783 personel pengamanan. Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019 kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua, dimana kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018.

Peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya. Upaya cipta kondisi seperti Operasi Zebra dan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penertiban penyakit masyarakat, miras dan petasan telah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Papua Barat mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, TNI, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya, yang selama ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

Mungkin Anda Menyukai