Pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani UKP Kodim 1713 Kaimana

Kaimana – Sekitar 24 orang Anggota Kodim 1713/Kaimana mulai dari pangkat Tamtama, Bintara hingga perwira mengikuti Uji Kenaikan Pangkat (UKP), diawasi langsung oleh Mayor Inf I Gusti Kade Wiyarna Jaya dari Disjasad dan Mayor Inf Syarno dari Pusintelad. bertempat di halamanĀ  Stadion Triton Kab Kaimana, Senin dan Selasa (7sd8/8/17).

Pelaksanaan test kesegaran jasmani UKP ini diawali dengan pengecekan tensi oleh Dr RSUD Kab Kaimana beserta anggotanya.dilanjutkan senam pemanasan yang dipimpin oleh Bamin Ops Kodim 1713/ Sertu Bambang Hanafi.

Pangkat merupakan sebuah penghargaan dari Negara atas pelaksanaa tugas, serta tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang prajurit, dan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat maka prajurit tersebut harus melalui beberapa kriteria diantaranya, prajurit tidak boleh memiliki catatan pelanggaran pada saat di usulkan naik pangkat, penilaian atasan dari segi sikap dan kinerja harus baik dan kriteria secara fisik seorang prajurit harus lulus tes kesamaptaan jasmani sesuai tabel nilai kategori masing-masing.

Dalam pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama yaitu samapta A dengan melaksanakan lari dengan menempuh jarak 3.200 Meter. Tahap ke dua samapta B dengan melaksanakan Pul Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run, setelah melaksanakan tes Kesamaptaan A dan B dilanjutkan dengan tahap ke tiga yaitu tes ketangkasan dengan melaksanakan renang sejauh 50 meter dengan menggunakan pakaian PDL.

Dalam kegiatan ini, Mayor Inf I Gusti Kade Wiyarna Jaya selaku tim pengawas pelaksanaan kesegaran jasmani dari Disjasad mengatakan kepada setiap prajurit agar memanfaatkan dan melaksanakan kesegaran jasmani ini dengan sungguh-sungguh dan jangan main-main. Sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta perhatikan faktor keamanan, agar dalam pelaksanaan kita semua dapat terhindar dari pada kecelakaan akibat pelaksanaan Tes kesegaran jasmani.

Pada saat ini bagi setiap prajurit tes kesemaptaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan yang merupakan salah satu persyaratan utama untuk naik pangkat. baik itu dalam latihan program,Periodik maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI AD.

Mungkin Anda Menyukai