Pembekalan Latihan Teknis Materi Satgas Bekang Latihan Gulbencal Kodam XVIII/ Kasuari

Manokwari – Dalam rangka pembekalan Latihan Teknis Satgas Perbekalan dan Angkutan, sebanyak 54 orang pelaku mengikuti pembekalan dari berbagai instansi terkait antara lain : 40 orang anggota Bekang Kodam XVIII/Kasuari, Pemerintah Dinas sosial 11 orang dan Pegawai Pertamina 3 orang seluruhnya dibawah pimpinan Dansatgas Bekang Mayor Cba Soliq. Dalam perihal Latihan Penanggulangan Bencana Alam khususnya Perbekalan dan Angkutan ( Bekang ) seluruh pelatihan dibawah kendali seorang Perwira Koordinator Mayor Cba Budi yang dibantu beberapa pelatih, Kamis (08/11/2018).

Materi yang diajarkan antara lain Pembuatan tenda serba guna dengan pembawa materi Sersan Mayor Zulkifli, materi pengenalan terhadap Ransum TNI pembawa materi Serka dan materi pengenalan dapur lapangan dengan pembawa materi Serma Yonki. Semua materi yang disampaikan oleh pembawa materi dapat diterima dengan baik karena anstusias para pelaku untuk mengikuti kegiatan tersebut selain itu para pelaku banyak bertanya pada saat menerima materi pelajaran yang di ajarkan oleh para pelatih.

Satgas pembekalan dan angkutan Kodam XVIII/Kasuari dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam mempunyai peranan sangat penting selain materi yang disampaikan tersebut diatas, terkait dengan kendaraan evakuasi, angkutan logistik dan termasuk pergeseran baik pasukan maupun pengungsi adalah termasuk tugas pokok dari perbekalan dan angkutan. Seperti yang diungkapkan oleh Perwira Koordinator Mayor Cba Budi bahwa dalam latihan Gulbencal ini sangatlah perlu karena untuk memberikan gambaran, pemahaman kepada jajaran instansi terkait tentang perannya saat terjadinya bencana. Dalam tanda kutib bukan berarti kita ini minta – minta terjadinya bencana tidak seperti itu, namun dengan persiapan yang lebih matang itu lebih bertujuan untuk meminimalkan jatuhnya korban, pemberian makan dan minum harus kita perhatikan saat diperlukan kita akan siap melayani dalam penanganan terjadinya bencana.

Mungkin Anda Menyukai