Pembekalan Latihan Teknis Materi Satgas Evakuasi Pada Latgulbencal Kodam XVIII/ Kasuari

Manokwari – Bertempat di lantai 3 kantor Balakdam XVIII/Kasuari Papua Barat, Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi Latihan Penanggulangan Bencana alam Ta. 2018, Pembawa materi dari Basarnas Kab. Manokwari memberikan latihan pembekalan pengetahuan mengevakuasi korban bencana alam yang diikuti seluruh Tim Gabungan Evakuasi, Kamis (08/11/2018).

Tim gabungan evakuasi Penanggulangan Bencana Alam terdiri dari TNI,POLRI, Basarnas Kab. Manokwari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Prov Papua Barat, serta Siswa siswi SMA 1, SMA 2 Kab. Manokwari. Sebelum melaksanakan pembekalan materi evakuasi, Komandan Satuan Tugas Evakuasi (Dansatgas Evakuasi)  Mayor Inf Wilson melaksanakan pengecekan seluruh personel satuan tugas evakuasi, dan dilanjutkan pembagian tugas masing masing peleton evakuasi.

Dalam kegiatan Latihan Evakuasi penanganan korban bencana alam, Letnan Dua Parlin selaku Koordinator Instruktur Resquer Basarnas Kab. Manokwari memberikan materi tentang tata cara penanganan korban bencana alam kepada seluruh Tim Satgas Evakuasi.  Pada dasarnya kita tidak mengharapkan adanya bencana alam terjadi di daerah kita, akan tetapi kita selaku Unsur Pemerintah yang ada di wilayah Papua Barat perlu melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam untuk mengantisipasi apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan maka kita sebagai unsur pemerintahan yang ada di Provinsi Papua Barat selalu siap dan bekerja secara Sinergitas dan saling bahu membahu guna membantu masyarakat di wilayah Papua Barat.

Materi evakuasi penanganan korban bencana alam terdiri dari penanganan pemindahan korban darurat dan non darurat, memindahkan penderita korban. Seusai memberikan pengetahuan teori umum tata cara penanganan korban, Letda Parlin memberikan Praktek kepada seluruh tim satgas evakuasi dan dilanjutkan praktet perorangan.

Mungkin Anda Menyukai