Pembekalan Latihan Teknis Materi Satgas PRCPB Latgulbencal Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari – Satuan tugas ( Satgas ) Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodam XVIII/Kasuari , Dansatgas Kapten Czi  Joko Waluyo beserta 45 orang anggotanya gabungan dari jajaran instansi terkait menerima pembekalan materi drill nis. Turut hadir dalam kegiatan pembekalan antara lain : 15 Orang Zidam, 10 Orang PU PERO PROP Papua Barat, 4 orang dari Instansi PLN, 5 Orang dari Balai Besar Jalan, 5 Orang dari PNS/MInvet Bintal, 1 Orang dari Damkar dan 5 orang dari instansi PDAM Manokwari, Senin (12/11/2018).

Mengetahui tentang Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) adalah salah satu hasil dari evaluasi pihak TNI terhadap upaya Penanggulangan Bencana dalam skala besar. PRCPB adalah satuan tugas yang unsur-unsur satuannya  merupakan kata serapan dari bahasa Belanda “ Genie “ yang berarti Genius, pandai, banyak akalnya. Dalam naungan Kodam XVIII/Kasuari  Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) adalah Badan Pelaksana Kodam yang dipimpin oleh seorang Pamen berpangkat Kolonel, dalam hal ini mempunyai tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) dan Nubika Kotama dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Kotama itu sendiri. Fungsinya secara teknis militer Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB), baik didaerah pertempuran maupun daerah pangkalan sehingga satuan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodam dapat diklasifikasikan sebagai satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi.

Perwira Koordinator Mayor Czi Lasito mengatakan ini adalah Latihan Penanggulangan Bencana Alam khususnya materi Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB), bukan berarti kita minta-minta datangnya bencana karena pepatah mengatakan “ Sedia Payung Sebelum Hujan “. Pentingnya pembekalan materi ini guna menyamakan persepsi manakala terjadi bencana yang ada di Wilayah Papua Barat, agar masing-masing instansi terkait

mudah untuk diajak koordinasi selain itu dengan adanya penjelasan materi Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) akan lebih memahami “siapa dan berbuat apa pada saat terjadi bencana “. Terkait dengan Latihan Penanggulangan Bencana Alam bidang Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) adalah pemberian materi tentang cara mencari sumber air yang bisa di konsumsi dan cara pendistribusian air. Hal ini dilakukan apabila terjadi bencana perlunya air bersih terhadap para pengungsi untuk kebutuhan yang sangat pokok.

Mungkin Anda Menyukai