Pembukaan Asistensi Penatausahaan Dan Aplikasi Simak BMN KEMKEU RI Triwulan II TA 2019 Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari, Rabu 10 April 2019 Pukul 09.00 WIT – Kasdam XVIII/Kasuari Brigadir Jenderal TNI Dedi Sambowo membuka Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI Triwulan II TA 2019, kegiatan Asistensi ini di hadiri oleh Ketua Tim Asistensi dari Staf Logistik Angkatan Darat Letkol Czi Yudil Hendro didampingi beberapa anggotanya. Turut  hadir dalam rapat pembukaan Asistensi antara lain Para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Ksr serta peserta Asistensi dari seluruh jajaran Kodam XVIII/Ksr sebanyak 80 orang. Kegiatan berlangsung diruang Rapat Yudha Makodam XIII/Kasuari.

Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) dilaksanakan seluruh Satuan Kerja (Satker) menjadi salah satu pedoman dalam penetapan berbagai prosedur administrasi penatausahaan menyangkut penghapusan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian yang berlaku di instansi Kementerian Keuangan, termasuk di lingkungan TNI AD.

Data-data yang disajikan dalam aplikasi penatausahaan dan SIMAK BMN tersebut akan berpengaruh langsung dengan kualitas laporan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan BMN satuan dapat lebih baik, valid dan aktual sehingga akan menjamin kelancaran dan ketertiban pertanggungjawaban dalam pelaksanaan SIMAK-BMN.

Sambutan Pangdam XVIII/Kasuari yang dibacakan oleh Brigadir Jenderal TNI Dedi Sambowo bahwa tujuan dilaksanakan Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi Simak BMN Kemenkeu RI ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada seluruh peserta Asistensi dari seluruh Kodam XVIII/Kasuari, hal ini terkait Prosedur Administrasi dan cara menggunakan Program Aplikasi Simak BMN Kementrian Keuangan Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terwujud laporan Simak BMN yang transparan, akurat, valid, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tercapai predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kasdam XVIII/Kasuari dalam kegiatan Asistensi ini secara langsung menyerahkan sepenuhnya Kepada Ketua Tim Asistensi dari Staf Logistik Angkatan Darat untuk untuk diberikan bekal, bimbingan dan arahan terkait pelaksanakan Penatausahaan dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI di jajaran Kodam XVIII/Kasuari. Selanjutnya Kasdam menghimbau agar Para Peserta Asistensi Jajaran Kodam XVIII/Kasuari mengikuti kegiatan ini dengan serius demi mendapatkan pemahaman yang komprehensif sehingga tidak mengalami hambatan dalam pelaksanaan tugas di satuannya masing-masing.

Asisten Logistik Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso selaku penyelenggara, mengawasi secara langsung kegiatan Asistensi Panatausahaan dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI, Kolonel Kav Alysius N.S menyampaikan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 10 S.D 12 April 2019.

Mungkin Anda Menyukai