Pemerataan Jaringan Telekomunikasi Di Papua Barat

Srorong – telah dilaksanakan Festival Palapa Ring, di hadiri oleh Kepala Divisi Pelaksanaan, Monitoring, dan Evaluasi Penyediaan Ekosistem Kementrian Kominfo Ibu Yulis Widyo Marfiah, Komandan Baguskamla Koarmada 3 Laksma Bagus Hariyadi, Kajari Sorong Bapak Ahmad Mudor, Kapolres sorong Kota AKBP Mario Siregar, Dandenhubrem 181/PVT Mayor Chb Syarif Hidayatulloh, Asisten 3  Sekda kota Sorong Bapak Rudy R Laku, S.Pi,MM., bertempat di Gedung Graha  Merah Putih Grapari Telkom Jl. Achmad Yani No.16 Sorong-Papua Barat, Kamis (21/03/2019).

Pelaksanaan Festival Palapa Ring dengan melakukan video call di empat wilayah terluar Indonesia, yaitu Morotai, Sorong, Natuna dan Kepulauan Riau, untuk wilayah Sorong dilaksanakan di Gedung Graha  Merah Putih Grapari Telkom. Kegiatan tersebut adalah salah satu kegiatan strategi nasional dalam pemerataan jaringan telekomunikasi, di Papua Barat, terdapat tujuh kabupaten/kota yang akan terhubung serat optik yakni dari Terminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, hingga Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan, serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional untuk menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Proyek ini pernah terhenti sejak 10 tahun lalu untuk mendapatkan struktur yang tepat dalam pelaksanannya, tantangan dari proyek ini adalah membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah nonkomersial demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia. Proyek Palapa Ring merupakan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) pertama dalam sektor Telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau Availability Payment.

Mungkin Anda Menyukai